Home / Berita / Gus Ubed: Web Ansor Harus Membawa Kemaslahatan

Gus Ubed: Web Ansor Harus Membawa Kemaslahatan

Semarang, Ansorjateng.net Rois Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PW NU) Jawa Tengah, KH Ubaidillah Shodaqoh menyambut antusias munculnya website resmi PW Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah. Melalui media ini, diharapkan akan membawa kemaslahatan bagi umat.

Pada acara launching yang digelar di kantor PW NU Jawa Tengah, Jalan Dr Cipto, Kota Semarang, Selasa (08/03/2016) malam, Gus Ubed, panggilan akrabnya, mengungkapkan keprihatinannya melihat peredaran portal online yang menebar fitnah sesama umat Islam.

“Dalam Islam yang namanya khobar itu adalah sesuatu yang benar-benar terjadi. Kalau tidak sesuai dengan kejadian, namanya bohong,” tuturnya.

Gus Ubed juga mengingatkan pada seluruh kader Ansor, bahwa dalam membaca atau menyimak berita hendaknya juga memerhatikan sumber berita. Apakah sumber berita tersebut termasuk orang yang bisa dipercaya ataukah termasuk golongan yang fasiq.

Di hadapan puluhan kader Ansor perwakilan Pengurus Cabang Ansor se Jawa Tengah, Gus Ubed juga menyinggung tentang sejarah Islam mengenai keberadaan kaum Muktazilah. Kelompok ini selalu menebar kabar yang hanya mementingkan golongannya dan tidak sesuai fakta.

“Kalau sekarang orang-orang ahli fitnah yang merasa punya kapling surga, yang merasa paling benar, berarti memang dia masuk kategori kaum muktazilah. Yakni kebenaran yang hanya sesuai kepentingannya sendiri,” tuturnya.

Ia juga meminta pada para pengurus Ansor agar mulai melek media. Adanya perkembangan teknologi informasi, dimana informasi dapat diperoleh dengan mudah yakni hanya dengan smartphone, maka diperlukan kewaspadaan dan cek dan ricek.

Jika memeroleh informasi yang dinilai mengandung unsur fitnah, baik melalui media sosial facebook maupun twitter agar tidak langsung menyebarkannya. Terlebih sumber berita tersebut dari website atau portal berita yang selama ini terus menebar fitnah.

“Kalau orang langsung ‘share’ tanpa melihat dari siapa dan bagaimana, ya anda terjebak dalam definisi kabar yang didefinisikan sebagai muktazilah, bukan Aswaja. Maka jangan asal share,” katanya.

Sebagai pendukung adanya website resmi Ansor Jawa Tengah ini, Gus Ubed berharap, seluruh anggota dan pengurus Ansor agar membuat blog ataupun website sendiri. Dukungan ini akan semakin memperkuat gerakan melawan ideologi transnasional yang tidak berhaluan Aswaja.

“Kalau ada waktu, ya openi facebook atau twitter. Saya saja di rumah di sela ngaji sorogan kitab kuning, juga sambil mantau facebook,” katanya.

Adapun sebagai bentuk tindaklanjut launching website ini, PW GP Ansor Jateng juga menggelar Workshop Jurnalistik bertajuk “Melek Media, Bentengi NKRI dan Aswaja”. Sejumlah narasumber antaralain dari para wartawan senior dari berbagai media massa, baik media cetak, online, maupun televisi.

Setelah digelarnya Whorksop Jurnalistik ini, para peserta yang terdiri dari perwakilan Pengurus Cabang se Jawa Tengah, bakal menjadi penyuplai informasi dari daerahnya masing-masing. Gus Ubed berharap, nantinya setiap informasi yang disampaikan dari daerah sesuai fakta, sehingga bukan menjadi fitnah.

“Selamat berjuang berperang di dunia maya,” tegas Gus Ubed.(hud/Sho)

About Ansor Jateng

Check Also

LBH Ansor Desak Kepolisian Tuntaskan Kasus Penyerangan pada Perayaan HUT RI

  Semarang, ansorjateng.net, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Pemuda Ansor mendesak pada kepolisian untuk melanjutkan …

4 comments

  1. Ansor semakin terdepan

  2. Bagus

  3. Menyejukkan, santun dan berwibawa, maturnuwun gus

  4. Tetap jaya Anshor Jateng. Tetap menjadi garda terdepan dalam mengawal NU dan NKRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *