Home / Ansor / KH Mahsun : Setelah Lulus Diklatsar Harus Utamakan Kepentingan Umat

KH Mahsun : Setelah Lulus Diklatsar Harus Utamakan Kepentingan Umat

Banser 2 Peserta

Magelang, ansorjateng.net, Ketua Tanfidziyiah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Magelang, KH Mahsun berharap, Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) yang digelar Banser Magelang pada 25 hingga 27 Maret 2016, memberikan manfaat yang besar.

Pasca lulus dari Diklatsar Banser yang dilaksanakan di Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, atau di lereng Gunung Merapi dan berbatasan langsung dengan DIY ini, para peserta dapat mengubah sikap, pola pikir, serta mengubah tingkah lakunya.

“Sikap yang semua acuh tidak perduli terhadap nasib dan perkembangan NU dan Banomnya, maka setelah lulus diklat sikap Banser muda ini harus lebih peduli,” tegasnya.

Berbagai materi yang diberikan berupa ke-NU-an, ke-Ansor-an, Ke-Banser-an, Bela Negara, Kepemimpinan, PBB, Tata Upaca Banser, Teknik Pengamanan dan Lalu-lintas, Bela Diri, serta Caracter mental building, mampu membentuk kepribadian yakni mengutamakan kepentingan umat.

“Pola pikir juga harus berubah agar lebih mengutamakan kepentingan umat dibanding kepentingan pribadi. Sedangkan tingkah laku yang semula bisa seenaknya, maka sekarang didiri mereka sudah melekat jiwa Banser yang harus selalu menjaga wibawa organisasi,” harap KH Mahsun.

Banser 14 Merayap untuk ambil baret

Ketua Panitia Penyelenggara Diklatsar Banser Magelang, Ahmad Muslim, mengatakan, sebanyak 182 peserta Diklatsar ini merupakan utusan dari Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Muntilan, Srumbung, Dukun, Salam, Ngluwar serta beberapa Satkoryon di Kabupaten Magelang.

“Mereka kita gembleng agar menjadi Kader NU yang militan. Mereka juga kita persiapkan untuk menjadi pemimpin-pemimpin NU masa depan dengan segala materi yang diberikan oleh para instruktur yang telah bersertifikat,” kata Muslim.

Para Instruktur yang dilibatkan dalam Diklatsar itu, bukan hanya Banser senior. Namun anggota Banser yang sebelumnya telah memiliki sertifikat Pendidikan dan Latihan Khusus Pelatih (Diklat Suspelat) yang digelar PW GP Ansor Jawa Tengah, 11-13 Maret lalu di Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.

Banser 1 Pembaretan oleh Ketua Panitia dan Ketua PC Ansor

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Magelang, Anas Munaji menjelaskan, Diklatsar Banser merupakan jenjang pendidikan paling awal dan wajib diikuti oleh pada calon anggota BANSER.

“Setelah lulus dari semua proses Diklatsar ini, para peserta kemudian akan dibaiat, dan selanjutnya mereka resmi menjadi Anggota Banser,” tandas Anas.(Pandu/hud)

About Ansor Jateng

Check Also

Setelah Terpilih, Gus Sholah Akan Perkokoh Organisasi, Kader dan Jaringan

Semarang, ansorjateng.net, Ketua GP Ansor Jawa Tengah terpilih, Sholahudin Aly atau Gus Sholah, memiliki tugas …

One comment

  1. Mantap dan semangat untuk siap menjaga para ulama ddan kiyai.. NKRI hargamatiii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *