Home / Ansor / Ansor Banyumas Perkuat Ideologi Aswaja Melalui Diklat Terpadu

Ansor Banyumas Perkuat Ideologi Aswaja Melalui Diklat Terpadu

diklatsar banyumas

Banyumas, ansorjateng.net, Sebanyak 66 kader Ansor dari 15 Pimpinan Anak Cabang (PAC) di Kabupaten Banyumas mengikuti Pendidikan dan Pelatihan atau Diklat Terpadu Dasar (DTD) Banser, serta Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD), di MI Al- Itihad Kelurahan Pasir Kidul, Kecamatan Purwokerto Barat, Jumat-Minggu (1-3/4/2016).

Hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut,  Muhtasyar PCNU Banyumas KH Zaenurrohman, Majelis Zikir Shalawat Rijalul Ansor Kedung Banteng dan Wakasat (Satkorcab) Banser Banyumas, Muji Setiyono.

Ketua GP Ansor Banyumas, Tantowi S.Pd.I mengungkapkan, pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) Banser tersebut khusus diperuntukkan peserta yang baru bergabung dengan Banser.

“Alhamdulillah berkat kerja keras kebersamaan Pimpinan Anak Cabang Purwokerto Barat dan Satkorcab Banser, akhirnya kegiatan diklatsar yang ke 18 ini  bisa terselenggara,” katanya.

Ia menambahakan kaderisasi melalui Diklastar penting, selain sebagai proses regenerasi, kaderisasi merupakan doktrin penguatan untuk membentuk kader yang handal, militan dan berkualitas serta mampu menjiwai Nawa Prasetya Banser dan khittah NU 1924.

“Ke depan, GP Ansor di semua tingkatan tidak lagi menjadi organisasi papan nama. Tetapi harus mampu menunjukkan eksistensinya di tengah perkembangan masyarakat yang semakin modern sesuai nilai-nilai ideologi Aswaja,” paparnya.

Satkornas, Herry Budhi Hartono juga mengemukakan kegiatan Diklatsar Banser merupakan kegiatan yang wajib dilakukan, karena untuk mendidik para kader Ansor menjadi pribadi berkarakter baik sesuai dengan aturan organisasi.

“Model kaderisasi kita di Ansor dan Banser itu PKD dan Diklatsar untuk tingkat Dasar, PKL dan Susbalan untuk tingkat lanjutan. Setelah itu PKN dan Susbanpim untuk tingkat nasional. Itulah jenjang kaderisasi yang ada di Ansor-Banser,” terangnya.

Selain mengupas tentang kaderisasi, pada kegiatan tersebut juga dikupas tentang pemberdayaan ekonomi untuk kelanjutan organisasi Ansor khususnya di Banyumas agar lebih mapan, misalnya dengan mendirikan koperasi atau usaha lain.  (Miip Ahmad/hud)

About posting

Check Also

Setelah Terpilih, Gus Sholah Akan Perkokoh Organisasi, Kader dan Jaringan

Semarang, ansorjateng.net, Ketua GP Ansor Jawa Tengah terpilih, Sholahudin Aly atau Gus Sholah, memiliki tugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *