Home / Ansor / Banser Sumber Rembang Sering Jadi Inisiator Kegiatan Sosial

Banser Sumber Rembang Sering Jadi Inisiator Kegiatan Sosial

Banser Satkoryon Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang, membantu warga di Desa Grawan Kecamatan setempat untuk aksi "go green", Ahad (3/4/2016) pagi
Banser Satkoryon Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang, membantu warga di Desa Grawan Kecamatan setempat dalam aksi “go green”, Ahad (3/4/2016) pagi

 

Rembang, ansorjateng.net, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, membantu warga di Desa Grawan Kecamatan setempat untuk aksi “go green”, Ahad (3/4/2016) pagi.

Aksi “go green” yang digelar di Lapangan Desa Grawan mulai sekitar pukul 06.00 WIB itu, dilakukan dengan menanam 100 pohon cemara di sekeliling lapangan dan di tepi jalan poros penghubung Kecamatan Sumber ke Rembang Kota.

“Kami sebelumnya dikontak oleh para sahabat Ranting Ansor Grawan. Intinya ‘ngabari’ kalau mau ada kegiatan penanaman. Kita inisiatif turun untuk khidmah,” kata Kepala Satkoryon Sumber, Ahmad Basir.

Menurutnya, upaya membantu warga desa yang sedang bergerak “menabung” oksigen semacam itu, hampir selalu dilakukan ketika ada aksi serupa di wilayah Kecamatan Sumber. Bahkan dalam beberapa kesempatan, Banser tampil sebagai inisiator.

“Kalau dengar kabar ada kegiatan sosial, kita biasanya datang setelah koordinasi dengan Ansor dan Satkorpok setempat. Kita gerak bareng. Kadang ya jadi inisiator kayak di Desa Jadi tahun lalu,” tandasnya.

Diungkapkannya bahwa setelah membantu warga di Desa Grawan, PAC Ansor melalui Banser Satkoryon Sumber akan melakukan hal yang sama di Desa Krikilan. Sekaligus untuk resik kampung menjelang pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Banser.

“Kami berharap bisa terus berkhidmah dan memupuk tradisi gotong royong di tengah masyarakat agar terus lestari,” tegasnya.

IMG-20160403-WA003

Kepala Desa Grawan, Saji menyatakan terima kasih atas peran dan bantuan aksi pemuda Ansor, Banser, dan IPNU-IPPNU pada kegiatan bertajuk “Grawan Go Green” pagi itu, seraya berharap kelanjutan kerjasama serupa di kegiatan lain.

“Penggerak kegiatan-kegiatan kayak gini wilayahnya pemuda. Pemuda mesti ambil peran. Dan terimakasih untuk bantuan tenaga Banser pagi ini,” ujarnya.

Grawan Go Green, menurut Saji, merupakan ikhtiar desanya untuk memiliki lingkungan yang lebih hijau. Seratusan cemara yang ditanam bersama warga dan pemuda desa itu diharapkannya tumbuh dan berkembang, sehingga menjadi peneduh dan semacam taman desa.(Zaenal Arifin/hud)

About Ansor Jateng

Check Also

Setelah Terpilih, Gus Sholah Akan Perkokoh Organisasi, Kader dan Jaringan

Semarang, ansorjateng.net, Ketua GP Ansor Jawa Tengah terpilih, Sholahudin Aly atau Gus Sholah, memiliki tugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *