Home / Ansor / Rijalul Ansor Batang Sukses Gelar Penampilan Seribu Penerbang

Rijalul Ansor Batang Sukses Gelar Penampilan Seribu Penerbang

Gebyar Seribu Rebana
Gebyar Seribu Rebana

 

Batang, ansorjateng.net, Menyemarakkan HUT ke-50 Kabupaten Batang, Pemerintah Kabupaten Batang bekerjasama dengan PC Ansor Kabupaten Batang menggelar “Gebyar Seribu Rebana”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman Pendopo Kabupaten Batang, Jalan Veteran, Jumat (8/4/2016).  Sebanyak seribu penerbang atau pemain rebana yang berasal dari 15 PAC disiapkan oleh M Masykuri selaku Ketua Rijalul Ansor Batang.

Menurutnya kegiatan yang diselenggarakan oleh pemda dan bekerjasama dengan PC Ansor ini menjadi bukti bahwa keberadaan Ansor mempunyai peranan penting dalam bermitra dengan pemerintah dalam segi apapun.

Perayaan HUT Batang dengan diawali gelaran Gebyar Seribu Rebana ini merupakan yang pertama kali, yang berisi bacaan Shalawat dan puji-pujian terhadap Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini dimulai sekitar pukul 06.30 WIB dan diawali dengan kumandang sholawat nabi.

“Semoga di tahun-tahun mendatang kegiatan ini semakin dilestarikan oleh Pemerintah sebagai upaya pelestarian kesenian dan budaya yang bernuansa islami,” katanya.

Upacara Peringatan HUT ke 50 Kabupaten Batang dimulai pukul 07.30 WIB dengan diikuti oleh semua jajaran SKPD, berbagai Ormas, OKP dan LSM yang ada di Batang. Selesai Upacara kegiatan dilanjutkan dengan Syukuran bersama yang dipimpin langsung oleh Bupati Batang, Yoyok R Sudibyo.

Acara ini terasa meriah dengan makan bersama oleh semua peserta upacara dengan menu khas Batang yaitu nasi megono.

Dalam pembukaan syukuran, Bupati Batang dalam sambutanya memberi ucapan terimakasih terhadap pihak-pihak yang mensukseskan acara ini, terlebih kepada PC Ansor Batang yang dengan sukses menghadirkan seribu rebana.

Menurut Yoyok, kesenian Rebana harusnya menjadi asset daerah yang pemerintah harus andil dalam melestarikan kesenian tersebut.

“Insya Allah ke depanya kesenian rebana akan makin kita lestarikan, dan pada hari Ulang Tahun Batang di tahun-tahun mendatang, kesenian rebana yang di lestarikan oleh NU harus selalu terlibat aktif dalam memeriahkan HUT kota tercinta kita ini,” tuturnya.

Ketua PC Ansor Batang, Umar Badul Jabar menambahkan, bahwa kegiatan yang bermitra dengan pemerintah sering dilakukan. Bahkan hampir setiap kegiatan Ansor selalu bermitra dengan pemerintah melalui SKPD terkait sesuai dengan ranah kegiatan yang dilakukan.(yasin/hud)

About Ansor Jateng

Check Also

LBH Ansor Desak Kepolisian Tuntaskan Kasus Penyerangan pada Perayaan HUT RI

  Semarang, ansorjateng.net, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Pemuda Ansor mendesak pada kepolisian untuk melanjutkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *