Home / Berita / Gus Mus : Orang NU Itu Orang Indonesia Yang Beragama Islam

Gus Mus : Orang NU Itu Orang Indonesia Yang Beragama Islam

KH Mustofa Bisri, YouTube
KH Mustofa Bisri, YouTube

 

Jakarta, ansorjateng.net, KH Mustofa Bisri atau Gus Mus, mengungkapkan peran Jam’iyah Nahdlatul Ulama (NU) terhadap keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Diibaratkan sebuah rumah, Indonesia adalah rumah bagi NU.

Hal ini diungkapkan Gus Mus dalam program talkshow Mata Najwa yang disiarkan secara live oleh Metrotv pada Rabu (13/4/2016) pukul 20.00 wib lalu. Dalam dialog tersebut, pemandu acara, Najwa Syihab, menanyakan apa arti NU bagi Gus Mus.

Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatuh Tholibin Rembang, Jawa Tengah ini, kemudian memberikan pemaparan, bahwa NU adalah organisasinya para Ulama yang didirikan oleh para Kiai Pondok Pesantren. Para Kiai pesantren itu mempunyai wawasan kebangsaan yang luar biasa.

“Mereka (Kiai) menganggap Indonesia ini adalah rumah mereka, mereka tidak hanya memperjuangkan Islam. Indonesia rusak tidak masalah, itu tidak,” ungkapnya.

Gus Mus 1

Gus Mus juga menegaskan bahwa NU lahir dari Ulama Indonesia yang peranan terhadap berdirinya bangsa ini sangat besar. Karakter bangsa ini tidak lepas dari nilai-nilai yang diajarkan oleh para Ulama NU.

“Saya mengatakan, orang NU itu adalah orang Indonesia yang beragama Islam, bukan turis yang beragama Islam. Jadi kalau rumah ini rusak, ini orang NU nangis. Kalau ada orang NU merusak rumah sendiri itu sudah tidak masuk akal,” ungkapnya.(hud)

 

https://www.youtube.com/watch?v=X2tntthsIe0

About Ansor Jateng

Check Also

LBH Ansor Desak Kepolisian Tuntaskan Kasus Penyerangan pada Perayaan HUT RI

  Semarang, ansorjateng.net, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Pemuda Ansor mendesak pada kepolisian untuk melanjutkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *