Home / Ansor / Mulai Tahun Ini Ansor Srumbung Ikut Awasi Penggunaan Dana Desa

Mulai Tahun Ini Ansor Srumbung Ikut Awasi Penggunaan Dana Desa

Raker GP Ansor Srumbung Kabupaten Magelang
Raker GP Ansor Srumbung Kabupaten Magelang

 

Magelang, ansorjateng.net, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, memprioritaskan program kerja tahun 2016 dengan pengawasan implementasi Undang-Undang no 6 tahun 2014 tentang Desa.

Prioritas program ini disepakati dalam Rapat Kerja Anak Cabang yang berlangsung di Kawasan wisata Konservasi Randu Ijo, Tegalrandu, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang,  Sabtu (16/3/2016) sore.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Srumbung, Ahmad Muslim menjelaskan, pemilihan prioritas program ini mencuat, mengingat saat ini Pemerintah Desa telah memiliki kuasa penggunaan anggaran yang tidak sedikit jumlahnya.

“Jika ditotal semua pendapatan transfer dan PAD (Pendapatan Asli desa), setiap desa di tahun 2016 ini sudah mengelola uang aatu millyar lebih. Ini butuh pengawasan bersama, agar penggunaan sesuai dengan peruntukannya,” kata Muslim.

Menurut Muslim, pengawasan penggunaan dana desa ini menjadi penting, mengingat sumber daya manusia (SDM) perangkat desa yang ada disetiap desa berbeda-beda. Ditambah adanya kekosongan beberapa jabatan Perangkat Desa di seluruh desa di Kabupaten Magelang.

“Oleh karenanya kami juga mendorong agar Pemerintah, dalam hal ini melalui Pemkab Magelang, agar segera menerbitkan regulasi perihal pengisian perangkat desa, ini penting agar pekerjaan yang diembankan kepada Pemdes bisa maksimal pelaksanaanya,” pintanya.

CIMG1842

Dalam rapat kerja yang melibatkan seluruh komponen pengurus PAC GP Ansor Srumbung itu, juga dihadiri Pengurus Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Magelang, Muspika (Koramil, Polsek, Kecamatan) juga Banom NU ditingkat MWC Kecamatan Srumbung.

Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Magelang, Muh Fatkhan dalam sambutanyamenjelaskan, GP Ansor yang juga merupakan bagian tak terpisahkan dari masyarakat desa, mempunyai kewajiban yang sama wajibnya dengan masyarakat lainya.

“Sangat naif tatkala GP Ansor justeru diam berpangku tangan tanpa kegiatan berarti di tengah hingar bingar pembangunan desa yang sedang gencar ini,” katanya.

Pihaknya menginstruksikan kepada semua jajaran pengurus disemua tingkatan, untuk bersama-sama masyarakat meningkatkan peran aktifnya guna keberlangsungan pembangunan di wilayah desa masing-masing pengurus berdomisili.

“Ayo, kita bantu masyarakat, kita bantu Pemdes untuk memaksimalkan penggunaan dana yang ada, dan kita pastikan bahwa penggunaanya benar peruntukannya,” pintanya yang kemudian disambut jawaban ‘SIAP’ dengan lantang dari peserta raker.

Sekretaris Camat Srumbung, Muh Husain yang turut hadir dalam kesempatan itu, mengatakan, bahwa peran GP Ansor di lingkungan kecamatan Srumbung hingga kini memang telah banyak dirasakan masyarakat, namun pihaknya meminta agar Ansor srumbung jangan dahulu berbesar kepala.

“Tantangan organisasi Ansor ke depan lebih berat, kalian harus lebih solid, dan lebih inovatif, agar rasa bangga masyarakat bisa terpelihara selamanya,” tegasnya.(Pandu/hud)

 

About Ansor Jateng

Check Also

LBH Ansor Desak Kepolisian Tuntaskan Kasus Penyerangan pada Perayaan HUT RI

  Semarang, ansorjateng.net, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Pemuda Ansor mendesak pada kepolisian untuk melanjutkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *