Home / Ansor / Peringati Harlah ke 82, Ansor Srumbung Hijaukan Lereng Merapi

Peringati Harlah ke 82, Ansor Srumbung Hijaukan Lereng Merapi

Ansor Srumbung Magelang lakukan penghijauan di Lereng Gunung Merapi
Ansor Srumbung Magelang lakukan penghijauan di Lereng Gunung Merapi

Magelang, ansorjateng.net, Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Srumbung, Kabupaten magelang, menggelar kegiatan penghijauan dikawasan Taman Nasional Gunung Merapi, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Lahir (Harlah) GP Ansor ke 82 yang akan diperingati pada 24 April 2016 mendatang.

Ketua Panitia Peringatan Harlah GP Ansor Kecamatan Srumbung, Muhammad Nasir, mengatakan, para kader Ansor sadar betul bahwa udara serta air bersih yang sehat adalah merupakan hak wajib yang harus bisa dinikmati oleh setiap manusia, termasuk generasi mendatang.

“Oleh karena itu, Ansor sebagai bagian tak terpisahkan dari generasi penerus merasa terpanggil dan wajib ikut serta melestarikan alam serta lingkungan diwilayah Kecamatan Srumbung,” katanya, disela Penghijauan, Sabtu (16/4/2016).

CIMG1792

Dalam kesempatan itu, sebanyak 50 bibit pohon berbagai jenis ditanam disekitar hulu sungai blongkeng, lereng Gunung Merapi, Kecamatan Srumbung. Pemilihan Sungai Blongkeng karena sungai blongkeng merupakan satu satunya sungai yang hingga kini masih terdapat banyak sumber air, sehingga pohon-pohon yang ditanam diharapkan dapat terjaga keberlangsungannya.

Selain melibatkan seluruh pengurus PAC GP Ansor Srumbung, kegiatan Penghijauan juga melibatkan Kelompok Tani Randu Ijo, Forum Merapi Merbabu Hijau (FMMH), Muspika (Koramil, Polsek, Kecamatan) juga Banom NU di tingkat MWC Kecamatan Srumbung.

Komandan Koramil 16 Srumbung, Kapten Inf Sukenang yang turut dalam kegaiatan tersebut menyambut positif atas langkah yang dilakukan oleh GP Ansor Srumbung. “Ini semoga menjadi cambuk semangat bagi ormas-ormas lain dikecamatan srumbung, agar juga turut serta dalam kegiatan peduli lingkungan,” katanya.

Kapolsek Srumbung, AKP Bambang Sulistyo S.Sos menambahkan, GP Ansor Srumbung sebagai organisasi kepemudaan sudah seharusnya menjadi penghimpun semua kekuatan diwilayah kerjanya, guna menjadi garda terdepan dalam melestarikan lingkungan.

Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Magelang, Muh Fatkhan menjelaskan, selain penghijauan lereng gunung merapi di Kecamatan Srumbung ini, rangkaian peringatan hari Lahir GP Ansor di Kabupaten Magelang juga dimeriahkan beberapa kegiatan.

“Hari ini ada dua giat, yakni penghijauan di sini (Srumbung) serta Apel Banser di Kecamatan Mungkid,” jelasnya.

Muh Fatkhan berpesan, kader Ansor dan Banser di semua tingkatan agar jangan segan-segan untuk turun langsung ketengah masyarakat.  Sekaranag saatnya turun tangan, dan bukan lagi tunjuk tangan.

“Mari bahu-membahu mensejahterakan masyarakat,” pintanya.

201604160539395

Sekretaris PAC GP Ansor Kecamatan Srumbung, Farid Ashari menjelaskan, kegiatan Penghijauan ini merupakan wujud nyata komitmen GP Ansor untuk melestarikan lingkungan sekitar.

“Doa kita dalam Harlah 82 ini kan Semoga Ansor semakin jaya dan membumi. Nah membuminya ini kita realisasikan dengan penanaman bibit pohon di alam merapi,” katanya.

Sesepuh Kelompok Tani Randu Ijo, H Muhammad Wahib, menjelaskan, saat ini pihaknya memiliki sekitar 30.000 bibit pohon, di mana penanamanya akan dilaksanakan setiap musim penghujan.

“Apabila musim kemarau tiba, kegiatan penanaman kita off, dan digantikan dengan kegiatan pembibitan,” pungkasnya.(Pandu/hud)

 

About Ansor Jateng

Check Also

Selamat Jalan Mahfudz Basori Sang Pelopor Kemandirian NU di Tegal

Tegal, ansorjateng.net, KH Mahfudz Basori mempelopori kemandirian NU dengan meningkatkan ekonomi umat melalui pembentukan Baitul Mal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *