Home / Ansor / Ansor Mranggen Manfaatkan Malam Peringatan Harlah Untuk Evaluasi

Ansor Mranggen Manfaatkan Malam Peringatan Harlah Untuk Evaluasi

Pengurus Ranting GP Ansor Desa Kebonbatur, Mranggen, Demak, saat memperingati Harlah Ansor ke 82, Sabtu (22/4/2016) malam.
Pengurus Ranting GP Ansor Desa Kebonbatur, Mranggen, Demak, saat memperingati Harlah Ansor ke 82, Sabtu (22/4/2016) malam.

Demak, ansorjateng.net, Peringatan Hari Lahir (Harlah) Gerakan Pemuda (GP) Ansor ke 82, pada Sabtu (23/4), malam, oleh jajaran pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Mranggen, Demak, dimanfaatkan untuk meningkatkan soliditas kader. Dari tingkat internal PAC hingga Ranting.

Acara yang digelar di Aula Balai Desa Kembangarum Mranggen, Kabupaten Demak, ini dihadiri oleh seluruh pengurus PAC dan Pengurus Ranting se Kecamatan Mranggen.

Di bawah kepemimpinan sahabat Abdul Qodir selaku Ketua PAC Mranggen sejak April 2015 lalu melalui Konferensi Anak Cabang (Konferancab), roda organisasi kurang bergairah. Sebaliknya justeru mengalami kevakuman. Hal itu disebabkan menurunnya komunikasi sesama pengurus dengan kader.

Harlah kali ini merupakan momentum dalam mengevaluasi kevakuman yang selama ini terjadi. Abdul Qodir, meminta seluruh kader yang ada agar senantiasa berkomunikasi secara intensif.

Menurutnya, hal itu sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas jalannya roda organisasi di sisa-sisa jabatannya yang tinggal setahun lagi.

“Yang lalu biarlah berlalu, kita rajut kembali Ansor Mranggen, kedepannya supaya lebih baik,” kata Qodir.

Selain ajang evaluasi perjalanan kepengurusan, momentum harlah kali ini sebagai upaya menghidupkan kembali semangat Ansor yang tak lepas dengan nilai sejarah kebangsaan.

“Ansor Mranggen komitmen dengan pergerakannya, di usianya yang ke 82, mari bersama-sama mengawal perjalanan bangsa dari yang terendah, yakni ranting dan anak cabang,” kata dia.

Pengurus PAC GP Ansor Kecamatan Mranggen menggelar evaluasi di malam peringatan Harlah GP Ansor ke 82, Sabtu (22/4/2016), di Balai Desa Kembangarum.
Pengurus PAC GP Ansor Kecamatan Mranggen menggelar evaluasi di malam peringatan Harlah GP Ansor ke 82, Sabtu (22/4/2016), di Balai Desa Kembangarum.

Qodir menambahkan, bahwa keberadaan nilai-nilai Aswaja jangan sampai luntur. Dalam mengawal nilai-nilai aswaja, program yang sarat dengan nilai aswaja akan terus dipertahankan. Ia juga menegaskan, sudah saatnya Ansor bermetamorfosa menjadi organisasi yang lebih modern. Yakni dengan mempertimbangkan aspek-aspek kekinian.

“Seluruh pengurus dilarang gaptek, itu contoh kecil. Sedangkan untuk program, mari bersama-sama kita bahas dan kita musyawarahkan,” tandasnya.

Ansor mranggen, lanjut Qodir, akan melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung. Hal itu dirasa mampu memberikan dampak yang membekas, dan menunjukkan eksistensi bahwa Ansor Mranggen hadir ditengah-tengah masyarakat.

Terpisah, Pengurus Ranting Kebonbatur Kecamatan Mranggen, di malam yang sama juga menggelar peringatan Harlah Ansor. Peringatan yang digelar di Musola Al Iman tersebut dilaksanakan dengan meriah dan hidmat.

Hadir dalam acara ini, mulai jajaran pengurus Ranting NU, pengurus Ansor, pengurus Fatayat, IPNU-IPPNU, dan Muslimat, serta masyarakat desa setempat. Pengurus juga menyajikan serangkai tumpeng dan gunungan yang berisi hasil bumi. Selain itu juga digelar mujahadah kebangsaan.

Dalam acara itu, Pembina PR Ansor Kebonbatur, Kiai Saidun kembali menggelorakan semangat pengurus Ansor, terutama Banser. Ia mengumandangkan lagu patriotis ‘Ya Lal Wathan’ karya KH Wahab Hasbullah, dan ‘Shalawat Nahdliyah’ karya KH Hasan Abdul Wafi Paiton Probolinggo.

“Mari kita gelorakan semangat berjuang seperti semangat yang digelorakan para Ulama kita terdahulu. Kita harus tetap waspada, jangan sampai desa kita dimasuki kelompok radikal anti NKRI. Lagu-lagu itu harus dikumandangkan di musola-musola sebelum salat,” tegasnya.(Rifqi/hud)

 

About Ansor Jateng

Check Also

LBH Ansor Desak Kepolisian Tuntaskan Kasus Penyerangan pada Perayaan HUT RI

  Semarang, ansorjateng.net, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Pemuda Ansor mendesak pada kepolisian untuk melanjutkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *