Home / Ansor / Ansor Batang Rintis Badan Amal Usaha

Ansor Batang Rintis Badan Amal Usaha

Batang, ansorjateng.net GP Ansor Kabupaten Bateng memiliki program pendampingan ekonomi mendorong pembentukan badan amal usaha di tingkatan Pengurus Anak Cabang. Hal itu terungkap dalam Rakercab Sabtu 14/5, di Gedung PCNU Batang.

Menurut Ketua PAC Ansor Subah, Sugeng Romadhon, penguatan ekonomi itu untuk kemandirian organisasi dan membuka lapangan kerja bagi anggota dan juga masyarakat. Ditingkatan PAC harus bisa mendorong terbentuknya badan amal usaha dilingkungan masing-masing.

ketua PC GP Ansor Kabupaten Batang, Umar Abdul Jabar, menurutnya niat untuk membentuk badan amal usaha di tiap-tiap PAC memang sudah menjadi agenda, namun terbentur dengan beberapa hal, program itu masih belum bias dilaksanakan.

“ beberapa PAC sudah memulai merintis badan usaha, seperti Tersono, Limpung dan Subah, namun masih harus dikembangkan lagi sehingga menjadi badan usaha yang lebih besar, professional dan akuntable, untuk PAC yang belum merintis akan kita dorong dengan melakukan pendampingan dan pembinaan sehingga paling tidak sebelum berakhirnya Masa Periode ini sudah ada rintisan untuk itu”katanya.

Program yang lainnnya adalah pada bidang kebanseran yang akan berfokus kepada peningkatan kualitas satuan satuan khusus Banser seperti, Satuan Balalin, Provos, Protokoler, Bagana dan Densus 99 Asmaul khusna. Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Kabupaten Batang menilai bahwa untuk satu tahun menjelang berkahirnya kepengurusan, Satkorcab Batang akan memprioritaskan penignkatan skill dan kemampuan satuan-satuan khusus yang sudah dibentuk beberapa bulan lalu melalui DIKLATSUS BANSER. “ kami memang belum melakukan Diklat secara khusus untuk satuan-satuan khusus yang sudah dibentuk, satu tahun kedepan ini akan menjadi program yang prioritas sehingga anggota yang sudah tergabung dalam setiap satuan dapan meningkat kemampuan dan skillnya di satuannya masing-masing.” Tuturnya

Pada bidang Rijalul Ansor mempunyai program unggulan dengan berencana menerbitkan buku panduan amaliyah NU. Hal ini dinilai penting untuk membekali kader-kader dan banser supaya lebih dapat memahami kaidah-kaidah amaliyah NU beserta dasar hukumnya, sehingga wawasan ke aswajaan dan ke NUan semakin meningkat. Ahmad ZUbaidi (wakil ketua Rijalul Ansor Batang) mengatkan program ini akan kita upayakan dengan serius supaya dapat terealisasi dikarenakan sekarang ini sangat deras sekali baik di media online atau selebaran-selebaran yang secara terang-terangan menyerang NU. “ dengan menerbitkan buku panduan amaliyah NU ini nantinya akan kita bagi kesemua PAC dan Satkoryon Banser sehinggan setiap anggota dan Banser nantinya akan memegang buku oanduan tersebut untuk menambah keilmuan dibidang aqidah, sehingga diharapkan mereka akan terbentengi dari doktrin-doktrin eksternal diluar faham ahlussunnah annahdliyah” tambahnya.

Kemudian pada bidang Administrasi, Informasi dan Komunikasi merekomendasikan program yang juga tidak kalah penting, yaitu penertiban database banser dan juga melakukan pelatihan administrasi kepada semua sekretaris PAC se Kab. Batang. “selama ini kita akui masih keteteran terkait dengan database anggota banser se Kab. Batang, Cabang akan berupaya menciptakan sebuah aplikasi yang nantinya setiap PAC akan dapat melakukan input data Banser secara mandiri dan dapat langsung di akses oleh siapapun.” Kata Fajar Sajidin, sekretaris PC Ansor Batang. ( Yasin)

About Ansor Jateng

Check Also

Setelah Terpilih, Gus Sholah Akan Perkokoh Organisasi, Kader dan Jaringan

Semarang, ansorjateng.net, Ketua GP Ansor Jawa Tengah terpilih, Sholahudin Aly atau Gus Sholah, memiliki tugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *