Home / Ansor / Banser Pati Gelar Peringatan Harlah Pancasila di Jalur Pantura

Banser Pati Gelar Peringatan Harlah Pancasila di Jalur Pantura

Upacara Hari Kelahiran Pancasila

Pati, ansorjateng.net, PC GP Ansor Kabupaten Pati menggelar upacara hari kelahiran Pancasila di alun-alun Juwana (1/6/2016). Pelaksanaan upacara yang bertepatan dengan hari kesaktian pancasila merupakan awal momentum sejarah lahirnya pancasila.

Pemilihan tempat yang bersebelahan dengan jalur pantura, menurut panitia pelaksanaan, agar masyarakat Juwana dan sekitarnya serta pengguna jalan pantura, mengetahui betapa semaraknya Ansor NU Kabupaten Pati memperingati hari bersejarah bangsa ini.

Sekjen PC GP Ansor Kabupaten Pati, Irham Shodiq mengatakan, pelaksanaan upacara dalam peringatan hari lahir pancasila ini dihadiri 1.316 personel Banser dari perwakilan seluruh PAC Kabupaten Pati.

Namun perlu ditegaskan bahwa bukan hanya Banser saja yang mengikuti upacara kali ini,
Pengurus harian PAC, Pengurus IPNU-IPPNU tiap kecamatan dan segenap pengurus PC GP Ansor kabupaten Pati turut menghadiri.

Upacara yang dilaksanakan pukul 14.00 WIB tersebut dipimpin Perwakilan
Banser dari PAC Trangkil, Mohammad Abbad, Inspektur Upacara Komandan Kodim 0718 Pati Letkol Infanteri Andri Amijaya Kusumah. Dihadiri pula Anggota Kodim Pati, Anggota Polsek Juwana, Camat kecamatan Juwana dan Wakil Bupati Pati.

Menurut panitia pelaksanaan Upacara , Eva Dwi Yulianto untuk memeriahkan pelaksanaan Upacara dalam memperingati hari lahirnya Pancasila ini dihadiri Paduan suara dan Marching Band dari MA Miftahul Huda Sokopuluhan Kecamatan Pucakwangi.

Marching Band ini adalah salah satu Marching Band andalan Pati, yang sebelumnya pernah
mendapatkan juara III dalam kejuaraan Marching Band tingkat kabupaten.

Kasatkorkab Banser Pati, Ahmad Imam Syafi’i memberikan apresiasi positif kepada seluruh anggotanya. Pasalnya semua anggota Banser di wilayahnya mau merelakan waktunya untuk datang dalam upacara peringatan hari lahirnya Pancasila kali ini.

“Sinergisitaslah yang menyatukan semua untuk bersatu dalam kesatuan yang utuh menuju Indonesia dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika,” katanya.

Wakil Bupati Pati, Mohammad Budiono mengatakan, pelaksanaan Upacara hari lahirnya Pancasila akan menjadi Hari Libur Nasional sesuai dengan Instruksi Presiden RI Joko Widodo.

“Kami selaku wakil dari pemerintah Kabupaten Pati sangat berterimakasih kepada seluruh
jajaran Ansor Kabupaten Pati yang telah menyelenggarakan acara ini,” katanya.

Budiono juga berpesan, anggota Ansor jangan mudah terprovokasi adanya isu-isu belakangan ini yang mengatasnamakan HTI dan PKI yang ingin mencederai bangsa ini.(Hasannudin/hud)

About Ansor Jateng

Check Also

Setelah Terpilih, Gus Sholah Akan Perkokoh Organisasi, Kader dan Jaringan

Semarang, ansorjateng.net, Ketua GP Ansor Jawa Tengah terpilih, Sholahudin Aly atau Gus Sholah, memiliki tugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *