Home / Ansor / Ansor Sragen Kembangkan Budidaya Tanaman Buah

Ansor Sragen Kembangkan Budidaya Tanaman Buah

IMG-20160618-WA0016

 

Sragen, ansorjateng.net, Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sragen, adakan pelatihan pembudidayaan dan pembibitan tanaman buah dan penghijauan. Kegiatan ini menggandeng PAC Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Jenar.

Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu (18/6/2016) bertempat di Rumah Sahabat Sutrisno yang juga Ketua PAC Kecamatan Jenar ini, adalah memberikan bekal bagi para kader untuk dapat berdikari.

“Kendati belum dilantik, kami memberanikan diri untuk mencuri start  dalam merealisasikan beberapa program yang telah direncanakan, salah satunya pelatihan pertanian dan perkebunan semacam ini,” ungkap Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Sragen, Endro Supriyadi.

Sahabat Endro juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta agar berani mengambil resiko dalam berbisnis. “Dari beberapa jenis tanaman yang dicontohkan, silakan sahabat semua memilih tanaman apa yang akan dibudidayakan yang akhirnya menghasilkan financial,” tambah Endro.

Dalam pelatihan ini bukan hanya teori saja yang diberikan, akan tetapi juga disampaikan materi praktek langsung di kebun milik sahabat Sutrisno. Beberapa tanaman yang dibudidayakan dengan cara dicangkok maupun di stek antara laian, Jambu Non Biji, Buah Tien, Yuen, Falan, Chokanan, Kiojai.

Ketua pelaksana kegiatan, Sutrisno yang sudah memulai bisnis ini, mengatakan, bahwa bisnis ini cukup menjanjikan dan peluang pasarnya masih terbuka lebar. Dari aspek hasil, satu tanaman jambu biji yang dicangkok ini harganya mencapai Rp 200.000 sampai Rp 300.000.

“Kalau setiap anggota Ansor mampu melakukan pembudidayaan ini, sudah barang tentu tak ada lagi masalah, karena bibitnya saja sudah laku apalagi buahnya,” kata Sutrisno. (Jokowa/Hud)

 

About Ansor Jateng

Check Also

Selamat Jalan Mahfudz Basori Sang Pelopor Kemandirian NU di Tegal

Tegal, ansorjateng.net, KH Mahfudz Basori mempelopori kemandirian NU dengan meningkatkan ekonomi umat melalui pembentukan Baitul Mal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *