Home / Ansor / Posko Banser Satu-satunya Posko Yang Masih Berdiri di Purworejo

Posko Banser Satu-satunya Posko Yang Masih Berdiri di Purworejo

IMG-20160625-WA0004

Semarang, ansorjateng.net, Meski masa tanggap darurat sudah mulai berakhir, dan sejumlah posko yang didirikan oleh instansi pemerintah di lokasi bencana banjir dan tanah longsor sudah ditarik, namun Posko tanggap bencana milik Banser Tanggap Bencana (Bagana) di Purworejo tetap berdiri.

“Posko Bagana di Purworejo adalah satu-satunya posko yang masih berdiri. Saya malam Minggu kemarin ke sana, masih siaga. Posko tersebut akan tetap berdiri sampai seluruh permasalahan yang ada telah selesai,” tegas Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah, Ikhwanuddin, Senin (27/6/2016).

Ia mengatakan, keberadaan Posko tersebut dikoordinasi oleh PC Ansor melalui Bagana Purworejo. Di sisi lain, di daerah bencana banyak warganya yang merupakan nahdliyin dan kader Ansor. Sehingga posko tersebut selalu ada personel yang standby.

“Ini bukti bahwa di setiap pelosok daerah, Ansor selalu ada,” ujarnya.

Keberadaan Posko ini sengaja tetap berdiri karena penanganan bencana tidak hanya ketika tanggap darurat usai, melainkan ada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi. Terlebih saat ini bantuan dari para dermawan melalui rekening GP Ansor Jateng masih terus mengalir.

“Kami akan tetap di depan untuk menyalurkan bantuan dari berbagai pihak, baik dari masyarakat, lembaga non pemerintah baik dalam maupun luar negeri. Konsentrasinya adalah penanganan pasca bencana,” jeasnya.

Posko ini menurutnya sangat penting, sebab ketika nantinya memasuki tahap rehabilitasi dan rekonstruksi, perlu ada pihak yang mengoordinasi. Termasuk kebutuhan personel untuk membantu proses pengerjaan fisik maupun non fisik. Keberadaan Posko ini penting agar penanganan pada para korban bisa merata.

“Misalnya kebutuhan masyarakat berupa pembangunan fasilitas umum, rumah tinggal, tempat ibadah, fasilitas pendidikan, ini semua dikoordinasi agar penanganan bisa tepat sasaran,” ungkapnya.(hud)

About Ansor Jateng

Check Also

Setelah Terpilih, Gus Sholah Akan Perkokoh Organisasi, Kader dan Jaringan

Semarang, ansorjateng.net, Ketua GP Ansor Jawa Tengah terpilih, Sholahudin Aly atau Gus Sholah, memiliki tugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *