Home / Ansor / Ansor Kepri dan Komunitas Lintas Agama Doakan Korban Bencana di Jateng

Ansor Kepri dan Komunitas Lintas Agama Doakan Korban Bencana di Jateng

imageContent (1)

Batam, ansorjateng.net, Warga Jawa yang tergabung dalam Solidaritas Warga Ngapak (Sowak) Batam, Kepulauan Riau, menggelar doa bersama untuk korban bencana banjir dan tanah longsor di Jawa Tengah.

Mereka terdiri dari sejumlah paguyuban, antaralain Sedulur Tegal Batam (STB), Komunitas Warga Purba Lingga (Kanurangga), Ikatan Keluarga Cilacap (IKC),  Batam Bumen Community (BBC) dan Gerakan Sedekah Cilacap (GSC) Kota Batam.

Acara bertema “Duka Mereka Duka Kita” juga bekerja sama dengan Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kepulauan Riau (Kepri), dan digelar di Top 100 Tembesi, Minggu (26/6/2016) lalu.

Turut hadir pula perwakilan beberapa komunitas lain semisal Barisan Muda Tionghoa Indonesia (BMTI) Kota Batam serta beberapa komunitas bikers dan paguyuban Jawa lainnya di kota Batam.

Peserta yang terdiri dari kelompok lintas agama ini membacakan doa secara bergantian untuk korban bencana Jawa Tengah. Dari umat Nasrani doa dipimpin oleh Pendeta Herman Lippi, umat Katholik dipimpin oleh Romo Pascalis, dan dari umat Islam doa dipimpin salah satu pengurus PW GP Ansor Kepri Ustadz Ali Mubaidah.

Adapun istighotsah dipimpin oleh Ustadz Yahya dari Ikatan Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) kota Batam.

Ketua panitia doa lintas agama, Shon Haji, menjelaskan, acara tersebut dimaksudkan untuk memberikan dukungan terhadap para saudara yang sedang mengalami bencana di Jawa Tengah khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

“Kita mendoakan warga yang menjadi korban dalam bencana tersebut agar semua amal ibadahnya diterima Allah SWT, karena kami meyakini para korban jiwa tersebut meninggal dalam keadaan syahid dan kita memberikan dukungan moral dengan cara berdoa agar para korban lainnya bisa kembali menata kehidupannya ke depan,” terangnya.

Doa bersama lintas agama ini juga bertujuan untuk merajut ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah basyariyah antarsesama anak bangsa di Kota Batam.

Shon Haji berharap forum ini menjadi media perekat hubungan lintas agama yang belakangan diwarnai kericuhan.

“Sebagaimana kita ketahui melalui media sosial belakangan ini marak diberitakan terjadinya tindakan-tindakan intoleran antarsesama anak bangsa yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” ujarnya. (NUOnline/hud)

About Ansor Jateng

Check Also

Setelah Terpilih, Gus Sholah Akan Perkokoh Organisasi, Kader dan Jaringan

Semarang, ansorjateng.net, Ketua GP Ansor Jawa Tengah terpilih, Sholahudin Aly atau Gus Sholah, memiliki tugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *