Home / Ansor / Gayengnya Sahur Bersama Pengurus Wilayah dengan Ansor Se Karesidenan Pati

Gayengnya Sahur Bersama Pengurus Wilayah dengan Ansor Se Karesidenan Pati

Sahur Bersama dengan Habib Syech di Solo Raya
Sahur Bersama dengan Habib Syech di Solo Raya

Pati, ansorjateng.net, PW GP Ansor Jawa Tengah dan Pengurus Cabang (PC)  GP Ansor se-Karesidenan Pati mengadakan acara ‘Rakor dan Sahur Bareng’ di Kadilangu, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati, Kamis (30/6/2016) dini hari.

Kegiatan ini memberikan sumbangsih nilai yang sangat besar bagi para peserta yang hadir. Pasalnya kendati acara resmi, namun PW GP Ansor Jateng menjadikan acara ini berlangsung ‘gayeng’. Yakni menitikberatkan tentang ‘Njagong’ yang bertujuan memperkuat Ukhuwah sesama warga NU.

Acara Sahur bareng yang memang direncanakan selama bulan Ramadan oleh PW GP Ansor Jateng ini, mengundang semua PC dan Pengurus Anak Cabang (PAC) untuk turut serta hadir dan berinteraksi.

“Kami sangat terbuka pada para Pengurus Cabang dan Anak Cabang dengan tidak memberikan batas-batas dalam mengomunikasikan aspirasinya untuk memajukan Ansor di wilayahnya,” kata Wakasatkorwil Banser Jawa Tengah, Muhtar Ma’mun kepada Ansorjateng.net.

Menurutnya, batasan-batasan dalam komunikasi akan menjadikan Ansor di Cabang cenderung tidak bisa berkembang.

Begitu juga PAC, dalam menjalankan roda organisasinya harus sepengetahuan PC dengan cara mengkomunikasikan setiap acara atau kegiatan kepada pengurus cabang. Jadi interaksi antar pengurus ada, dan menjadikan ukhuwah di Ansor menjadi kuat.

Ketua PW Ansor Jateng, Ikhwanudin mengatakan, acara  sahur bareng adalah untuk mendekatkan PW pada pengurus di Cabang. Dengan bersilaturahmi seperti ini diharapkan pengurus cabang mengenal para pengurus wilayah yang jarang bertemu secara langsung.

Acara seperti ini merupakan acara ke empat kalinya selama Ramadan. Karesidenan Pati merupakan kunjungan terakhir wilayah kerjanya setelah sebelumnya di Karesidenan Solo dan lainnya.

Ia juga antusias dengan jurnalistik di tubuh Ansor, sebagaimana yang telah dilakukan PW GP Ansor Jawa Tengah dengan mengadakan diklat Jurnalistik di awal tahun 2016.

“Kami sangat berharap Pengurus Cabang untuk setiap kegiatannya didokumentasikan dengan cara mengirimkan beritanya kepada web ansorjateng.net dan juga NU Online. Agar setiap kegiatan menjadi referensi di kemudian hari. Jadi kami bisa memetakan daerah yang aktif dan yang tidak,” tegasnya.

Dengan pemetaan seperti itu, lanjutnya, sangat dimungkinkan untuk Pengurus Wilayah dan Pengurus Cabang mendapatkan solusi jika daerahnya tidak aktif dalam berbagai kegiatan.

Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Pati, Irham Shodiq mengatakan, pihaknya bangga atas kunjungan jajaran pengurus wilayah. Menurutnya, banyak kendala dan masalah yang perlu disampaikan secara langsung. Salah satunya pengembangan ekonomi untuk para kader Ansor.

Menurutnya pengkaderan yang sangat gencar belakangan ini harus diimbangi dengan pelatihan atau diklat yang berbasis ekonomi. Hal ini memungkinkan agar para anggota Ansor dan Banser bisa mengembangkan potensi ekonominya.

“Untuk menguatkan suatu organisasi haruslah kuat dalam segi ekonomi terlebih dahulu, terutama perekonomian para anggotanya agar bisa berjalan maksimal,” katanya.

Kasatkorwil Banser Jawa Tengah, DR Hasyim Asyari mengatakan, bulan puasa ini banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilakukan Banser hingga jadi sorotan publik. Terutama pasca bencana alam yang melanda daerah di Jateng, terutama di daerah Purworejo.

Banser lewat Barisan Ansor Serbaguna Tanggap Bencana (BAGANA) dengan sigap langsung mengevakuasi pasca kejadian dengan dibantu warga sekitar. Bahkan sebelum adanya bantuan dari pihak yang berwenang.

“Banser di sana bergerak sangat cepat, saya sangat mengapresiasi tindakan mereka, bahkan sebelum Tim SAR, Polisi dan TNI datang, mereka bergerak terlebih dahulu,” ungkapnya.(Hasannudin/Hud)

About Ansor Jateng

Check Also

Setelah Terpilih, Gus Sholah Akan Perkokoh Organisasi, Kader dan Jaringan

Semarang, ansorjateng.net, Ketua GP Ansor Jawa Tengah terpilih, Sholahudin Aly atau Gus Sholah, memiliki tugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *