Home / Ansor / Ini Informasi Lokasi Posko Banser Yang Berdiri di Sepanjang Jalur Selatan

Ini Informasi Lokasi Posko Banser Yang Berdiri di Sepanjang Jalur Selatan

Posko Prambanan Klaten
Posko Prambanan Klaten

Semarang, ansorjateng.net, Menghadapi arus mudik Lebaran tahun 2016, Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jawa Tengah,  mengoperasionalkan 124 Pos Komando (Posko) dengan melibatkan 5.000 personel.

Sejumlah personel Banser tersebut memiliki keahlian atau terlatih dalam bantuan lalu lintas dan pertolongan pertama. Setiap Posko, bakal ditempatkan 30 personel tiap harinya, ditambah personel cadangan.

Mereka disiagakan di tempat-tempat strategis rawan kecelakaan, terminal, stasiun, pelabuhan dan tempat wisata di sepanjang Jalur Pantura, Jalur Tengah dan Jalur  Selatan Jawa Tengah.

Kasatkorwil Banser Jawa Tengah DR Hasyim Asy’ari, Jumat (1/7/2016) mengungkapkan, Posko tersebut didirikan di Jalur Pantura sebanyak 80 Posko, Jalur Tengah ada 27 Posko, dan Jalur Selatan ada 17 Posko.

Adapun di Jalur Selatan tersebar di lima  Kabupaten, di Kabupaten Cilacap ada tiga Posko antaralain di Mako Yon Banser Kecamatan Patimuan, perbatasan Cilacap Banyumas (Kec.Karang Pucung), Banser Yon Majenang depan SMK Diponegoro Majenang.

Di Kabupaten Kebumen ada dua Posko antaralain di sekitar Pendopo/Alun-alun Kebumen, dan di Jalan Lingkar (Simpang Lima Kedung Bener). Di Kabupaten Purworejo tidak mendirikan Posko Mudik, karena masih fokus pada penanganan musibah bencana tanah longsor.

Di Kabupaten Magelang, ada tiga Posko antaralain di Jalan Magelang-Yogya KM 7 Pare Blondo, Jalan Magelang-Salatiga di Kuncen Ngablak, dan di Jalan Magelang-Yogya atau perbatasan Jateng-DIY di Kecamatan Salam.

Di Klaten, ada lima Posko antaralain di Jl Solo-Yogya, Popongan, Tegalgondo, Wonosari, Klaten. Kemudian di Kantor PCNU Klaten jalan Solo-Yogya, Jombor, Ceper, Klaten. Di Jalan By Pass Kota Klaten. Jalan Solo-Yogya, Perempatan Tegalmas, Jogonalan, Klaten. Serta di Batik Nusa Indah Jalan Solo-Yogya, Prambanan, Klaten.

Di Boyolali, ada dua Posko antaralain di Area NU CENTER Klego, dan di Kota Boyolali Banser gabung dengan Polres dan Pramuka.

Di Karanganyar, ada dua Posko yaitu di Jalur Solo-Surabaya tepatnya di Kelurahan Waru Kecamatan Kebak, Kramat. Dan di Alun-Alun Kabupaten Karanganyar.

Lebih lanjut, Hasyim menjelaskan, tiap posko menyediakan informasi lalu lintas, jalur alternatif, tempat peristirahatan, tempat salat, takjil buka puasa, dan posko kesehatan. Posko Banser ini bertugas sejak H -7 Idul Fitri atau 28 Juni 2016 sampai dengan H +7 Idul Fitri atau 14 Juli 2016 sesuai dengan kebijakan Kasatkornas Banser Pusat.(Huda)

About Ansor Jateng

Check Also

LBH Ansor Desak Kepolisian Tuntaskan Kasus Penyerangan pada Perayaan HUT RI

  Semarang, ansorjateng.net, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Pemuda Ansor mendesak pada kepolisian untuk melanjutkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *