Home / Ansor / BPBD Jawa Tengah Apresiasi Kesigapan Banser Tangani Bencana

BPBD Jawa Tengah Apresiasi Kesigapan Banser Tangani Bencana

Kepala Harian BPBD Jateng Sarwa Pramana
Kepala Harian BPBD Jateng Sarwa Pramana

 

Semarang, ansorjateng.net, Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah (Jateng), Sarwa Pramana, mengapresiasi langkah sigap yang dilakukan Banser Tanggap Bencana (Bagana) dalam keterlibatannya menangani bencana alam banjir dan tanah longsor.

Hal itu diungkapkan Sarwa saat menggelar rapat koordinasi dengan PW GP Ansor Jawa Tengah, yang dilaksanakan pada Jumat (1/7/2016) di kantor BPBD Jawa Tengah.

Hadir dalam pertemuan tersebut di antaranya Staf Khusus Gubernur Jateng, Sekretaris Wilayah GP Ansor Jateng Sholahuddin Aly didampingi pengurus lainnya, serta Kepala Harian BPBD Jateng Sarwa Pramana.

Pada kesempatan ini, Sarwa mengungkapkan, pihaknya mewakili Pemprov Jateng mengucapkan banyak terima kasih dan memberi apresiasi sangat besar atas peran aktif Ansor dalam penanganan bencana di Jawa Tengah.

Longsor Purworejo/Tribunjateng.com
Longsor Purworejo/Tribunjateng.com

Mengenai adanya bencana alam berupa tanah longsor dan banjir di Banjarnegara dan Purworejo, BPBD Jawa Tengah mengharapkan Bagana menyerahkan hasil investigasi yang telah dilakukan. Yakni mengenai penyebab bencana alam serta kronologi peristiwa.

Ke depan, BPBD Jateng melalui garis komando di BPBD Kabupaten/Kota, siap memberikan pendampingan berupa pelatihan pada Bagana di Jateng. Menurut Sarwa, ini sejalan dengan upaya Pemprov membentuk Desa Tangguh.

“BPBD siap support pelatihan Bagana pada mitigasi bencana dan penanganannya, karena itu segaris dengan pencanangan Desa Tangguh,” katanya.

Sarwa menambahkan, terkait rencana tindaklanjut penanganan pasca tanggap darurat, BPBD Jateng meminta Ansor melalui Bagana agar jangan terlebih dahulu melangkah pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur.

“Sampai ada keputusan dari pemerintah terhadap status lokasi bencana, yaitu dinyatakan aman atau tidak aman, relokasi atau tidak direlokasi. Teman-teman diminta intensif komunikasi dengan Pemkab setempat,” jelas Sarwa.

Selain itu, BPBD Jateng juga mengapresiasi data tabulasi korban yang disusun para sahabat Banser Purworejo. Pemprov meminta agar salinan data tersebut juga dibagikan ke BPBD Jateng.(Hud)

About Ansor Jateng

Check Also

Selamat Jalan Mahfudz Basori Sang Pelopor Kemandirian NU di Tegal

Tegal, ansorjateng.net, KH Mahfudz Basori mempelopori kemandirian NU dengan meningkatkan ekonomi umat melalui pembentukan Baitul Mal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *