Home / Ansor / Hasil Sidang Istbat Kementerian Agama Sudah Sesuai Hasil Rukyat PBNU

Hasil Sidang Istbat Kementerian Agama Sudah Sesuai Hasil Rukyat PBNU

KH Ahmad Ghazali Masroeri/Net
KH Ahmad Ghazali Masroeri/Net

 

Jakarta, ansorjateng.net, Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) KH Ahmad Ghazali Masroeri, mengumumkan bahwa satu Syawal 1437 H jatuh pada hari Rabu, 6 Juli 2016. Kiai Ghazali mengatakan bahwa takbiran sudah bisa dimulai pada Selasa malam, 5 Juli 2016.

“Atas dasar pelaksanaan rukyat Senin petang ini di seluruh Indonesia, hilal tidak dapat dilihat. Jadi Selasa besok kita masih berpuasa,” kata Kiai Ghazali di Jakarta, Senin (4/7/2016) petang.

Ia berterima kasih atas partisipasi dan kontribusi nahdliyin.

“Seluruh pengurus harian Lembaga Falakiyah PBNU mengucapkan minal ‘aidin wal faizin. Selamat hari raya Idul Fithri satu Syawal 1437 H. Mohon maaf lahir dan batin,” tuturnya.

Setelah Lembaga Falakiyah PBNU mengumumkan 1 Syawal, Kementerian Agama Republik Indonesia, juga telah menetapkan 1 Syawal jatuh pada Rabu (6/7/2016). Hal itu dinyatakan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin, sesuai menggelar sidang Istbat, di Jakarta, Senin (4/7/2016) malam.

“Dari hasil pengamatan yang dilakukan di berbagai daerah di Indonesia, para petugas yang disumpah disaksikan petugas Kementerian Agama, tak ada satu pun yang melihat hilal,” kata Lukman.

Sesuai ketentuan, maka Ramadan akan disempurnakan menjadi 30 hari atau ‘istikmal’. Sehingga 1 Syawal 1427 Hijriyah akan jatuh pada Rabu (6/7/2016).

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengungkapkan, hasil sidang istbat ini perlu disyukuri dan bisa dijadikan sebagai simbol kebersamaan. Mengingat ada metode lain berupa hisab.

“Mari jadikan hari raya ini untuk mempererat ukhuwah,” ujarnya.

Ia juga mengimbau, agar semua pihak menyatukan kerangka berfikir menyambut Idul Fitri. Seluruh pernyataan-pernyataan perlu disatukan untuk kepentingan bangsa dan umat.(NUOnline/Hud)

About Ansor Jateng

Check Also

LBH Ansor Desak Kepolisian Tuntaskan Kasus Penyerangan pada Perayaan HUT RI

  Semarang, ansorjateng.net, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Pemuda Ansor mendesak pada kepolisian untuk melanjutkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *