Home / Ansor / Budaya Gotong Royong Di Ansor Perlu Ditiru Kelompok Lain

Budaya Gotong Royong Di Ansor Perlu Ditiru Kelompok Lain

Ansor Srumbung Magelang lakukan penghijauan di Lereng Gunung Merapi
Ansor Srumbung Magelang lakukan penghijauan di Lereng Gunung Merapi

Brebes, ansorjateng.net, Budaya gorong royong yang selalu dilakukan oleh para kader Gerakan Pemuda Ansor, diharapkan juga ditiru oleh kelompok-kelompok masyarakat lainnya.

Hal itu diungkapkan Camat Wanasari, Nuruddin, yang hadir  mewakili Bupati Brebes, dalam acara Halal Bihalal Pimpinan Ranting GP Ansor Desa Klampok, di halaman Kantor Camat Wanasari, Brebes, Minggu (25/7/2016).

Ia mengutarakan, pihaknya sangat bangga pada kaum muda NU atau Ansor. Kiprah Ansor dalam rangka membantu masyarakat dan pemerintah tidak diragukan lagi, walapun tanpa imbalan.

“Camat, Lurah itu pegawai, karena ada gajinya. Namun Pengurus NU dan GP Ansor itu pejuang, karena dalam melaksanakan kegiatan tanpa ada bayaran,” ungkap Nuruddin.

Ketua  PR GP Ansor Desa Klampok, Zaenal Muttaqin menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk wahana silaturahmi dan memperkuat ukhuwah, serta melestarikan tradisi amaliyah Jam’iyah Nahdlatul Ulama.

“Ini menjadi momentum yang baik bagi seluruh warga, tokoh masyarakat dan juga aparat untuk saling bermaafan,” kata Zaenal.

Sementara itu, KH Faris El Haq Fuad Hasyim atau Gus Faris dari Buntet Pesantren Cirebon, dalam tausiyahnya menyampaikan, Pancasila sudah menjadi final sebagai falsafah bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai ideologi bangsa, sebagai dasar Negara merupakan hasil kesepakatan bersama seluruh komponen bangsa Indonesia. Namun beberapa waktu terakhir, banyak kelompok yang bernaung di Negara Indonesia, namun anti Pancasila. Misinya mengubah Ideologi Pancasila menjadi Ideologi lain.

“Saya yakin ketika NU terutama GP Ansor, pemerintah dan juga aparat dalam hal ini TNI dan Polri mampu bergandengan tangan, maka NKRI dan Pancasila akan tetap berdiri tegak dan abadi dibumi pertiwi ini,” tegas Gus Faris.

Acara ini berlangsung meriah, dimulai dengan iringan Sholawat dari Grup Rebana Sunan Kalijaga Siwuluh Brebes. Dilanjutkan penyerahan piagam penghargaan untuk PT Djarum yang jadi mitra GP Ansor Klampok dalam melaksanakan beberapa program.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua PC GP Ansor Kabupaten Brebes, Ahmad Munsip, Rois Syuriah MWC NU Wanasari KH Abdul Rouf Musthofa, Ketua PAC GP Ansor Wanasari Bayu Rohmawan, Kepala Desa Klampok, Sukwid, serta tokoh masyarakat .(Bayu/Hud)

About Ansor Jateng

Check Also

Selamat Jalan Mahfudz Basori Sang Pelopor Kemandirian NU di Tegal

Tegal, ansorjateng.net, KH Mahfudz Basori mempelopori kemandirian NU dengan meningkatkan ekonomi umat melalui pembentukan Baitul Mal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *