Home / Berita / Agar Santri Mandiri, Ilmu Wirausaha Dimasukan Kurikulum di Pesantren Ini

Agar Santri Mandiri, Ilmu Wirausaha Dimasukan Kurikulum di Pesantren Ini

Ternak lele kang pondok

Pati, ansorjateng.net, Usaha kerupuk “Al Barokah” salah satu usaha yang ada di Pondok Pesantren Al Islah desa Kadilangu Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Dengan keterampilan yang masih terbilang ala kadarnya, tapi kerupuk produksi pesantren ini sangatlah digemari masyarakat.

Pasalnya permintaan akan berbagai jenis kerupuk AL Barokah semakin meningkat di berbagai penjuru daerah di Pati.

Produksi kerupuk Al Barokah menjadi sebuah dinamika kecil dalam kehidupan anak pondok yang mencari ilmu di situ. Selain ilmu keagamaan, para santri pondok juga dibekali ilmu kewirausahaan yang ditanam dalam kurikulum pendidikan pondok.

Salah satu santri Pondok Al Islah Ahmad Basuki mengatakan, santri pondok al Islah selain diajari ilmu agama juga diajarai ilmu kewirausahaan. Banyak santri lulusan dari pondok ini mempunyai usaha mandiri ketika sudah keluar dari pondok.

Di antaranya ada yang menjadi pengusaha pembudidayaan ikan lele, ternak kambing, ikan hias, ternak ayam petelur dan produsen kerupuk seperti yang ada dipondok Al Islah ini.

Krupuk Al Barokah

Dia membenarkan tentang kurikulum pondok yang ditanamkan kepada santri tidak hanya ilmu agama saja yang didapat, melainkan ilmu kewirausahaan yang nantinya akan menjadi dasar pemikiran santri untuk mengembangkan keterampilan yang didapat dari pesantren.

Usaha yang dikelola pondok pesantren ini adalah murni dari usaha pribadi pengelola pesantren. Jadi tidak ada campur tangan dari pihak lain dalam membina dan mengelola usahanya.

“Dengan penanaman skill dan keterampilan, akan menumbuhkan minat santri dalam mengolah pikirannya untuk menjadi seorang pengusaha,” ungkapnya kepada ansorjateng.net, Senin (5/9/2016).

Pesantren ini lebih mengarahkan santrinya untuk menjadi seorang pengusaha daripada menjadi seorang pegawai maupun karyawan swasta. Karena dengan menjadi pengusaha akan menciptakan ladang berkah yang bisa memberikan pekerjaan bagi orang lain.(Hasanuddin/Hud)

 

About Ansor Jateng

Check Also

LBH Ansor Desak Kepolisian Tuntaskan Kasus Penyerangan pada Perayaan HUT RI

  Semarang, ansorjateng.net, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Pemuda Ansor mendesak pada kepolisian untuk melanjutkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *