Home / Ansor / LBH PW Ansor Jateng Somasi Panpel Pilkades Warungpring

LBH PW Ansor Jateng Somasi Panpel Pilkades Warungpring

Semarang, Ansorjateng.net Lembaga Bantuan Hukum (LBH) PW Ansor Jawa Tengah melakukan Somasi Panitia Penyelenggara Pilkades Desa Warungpring, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang, kemarin. Panita Penyelenggara Pilkades dianggap tidak adil karena tidak meloloskan Bakal Calon Kades beranama Muslih dengan alasan tidak sehat secara psikis.

Wakil Ketua LBH PW Ansor Jateng Taufik Hidayaat SH MH didampingi Juru Bicara LBH PW Ansor Sholahuddin, mendatangi Kantor Kepala Desa Warungpring, dikawal puluhan pendukung Muslih. Tim LBH PW Ansor diterima Panitia Penyelenggara Pilkades Gufron dan menerima secara lansung surat somasi.

Taufik Hidayat selaku Kuasa Hukum Muslih, mengatakan Panitia Penyelenggara Pilkades tidak meloloskan Muslim sebagai Calon Kepala Desa karena dianggap tidak sehat. Dalam keterangan hasil tes kesehatan yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, Muslim Dinyatakan Tidak Sehat dan Tidak Menggunakan Narkoba.

”Klien kami sudah dinyatakan lolos tahapan administrasi tapi tidak lolos tes kesehatan. Secara fisik klien kami sehat dan sudah dibuktikan dengan hasil tes di beberapa rumah sakit pembanding,”ujar Taufik.

Dikatakannya, berdasarkan pengakuan Muslih Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang memberikan rekomendasi dan penilaian tidak sehat melalui surat resmi. Kemudian ketika dinyatakan tidak sehat klien bermaksud meminta penjelasan terhadap tim dokter penguji.

”Dari penjelasan tim dokter muslih itu dinyatakan tidak sehat karena tidak lulus tes psikologis. Padahal sesuai aturan ada tiga tahapan tes kesehatan yaitu jasmani, rohani dan mental. Keputusan Tim Medis ini adalah keputusan yang sangat subjektif,”tandasnya.

Menurutnya, surat rekomendasi tim medis itu digunakan Panitia Penyelenggara Pilkades untuk menetapkan Calon Pilkades. Dari 41 bakal calon kades hanya Muslih yang tidak lolos, padahal kliennya periode lalu ikut menjadi kandidat kades dan melakukan tes yang sama dan dinyatakan lolos.

Juru Bicara LBH PW Ansor Jateng, Sholahuddin mengatakan, dalam surat somasi itu sudah jelas bahwa kami meminta dihentikan tahapan Pilkades, kemudian adanya transparansi dalam penentuan lulus tidaknya tes kesehatan.

”Jika memang Panitia Penyelenggara tetap tidak mengindahkan somasi yang dilayangkan Tim LBH PW Ansor Jateng maka kami akan menempuh jalur hukum gugatan melalui Pengadilan Negeri dan gugatan ke Tata Usaha Negara. Bukti kami sudah jelas dan komplit untuk mengikuti tahapan proses hukum di pengadilan,”tambahnya.(HUD)

About Ansor Jateng

Check Also

Selamat Jalan Mahfudz Basori Sang Pelopor Kemandirian NU di Tegal

Tegal, ansorjateng.net, KH Mahfudz Basori mempelopori kemandirian NU dengan meningkatkan ekonomi umat melalui pembentukan Baitul Mal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *