Home / Ansor / Mulai Pameran Hingga Khataman Al Quran Warnai Hari Santri di Brabo

Mulai Pameran Hingga Khataman Al Quran Warnai Hari Santri di Brabo

img_9959

Ansorjateng.net, Grobogan, Kemeriahan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober mewarnai komplek pondok pesantren (Ponpes) Sirojuth Tholibin Desa Brabo, Tanggungharjo, Grobogan. Sedikitnya 2.600 santri dari lima ponpes di sekitarnya, turut berpartisipasi dalam HSN tahun ini.

Berbagai kegiatan digelar oleh pengurus Ponpes untuk memeriahkan HSN, pada Sabtu (22/10/2016) itu. Mulai nonton film-film dokumenter pesantren, pameran karya santri, ziarah, khataman Al Qur’an dan tausiyah.

“Jumat (21/10/2016) malam di Ponpes Sirojuth Tholibin, Brabo, mengadakan mujahadah, nonton bareng. Kalau Sabtu (22/10/2016) pagi kita adakan kegiatan ziarah, juga ada mujahadah dan lain sebagainya,” kata pengurus pesantren, Muhammad Shofi Maemun, salah satu santri asal Palembang.

Salah satu santri asal Lampung, Dwi Febriansyah mengungkapkan, selain ziarah, untuk kegiatan khataman quran pada tahun ini dilakukan 14 khataman Quran di Brabo. Kemudian terdapat pembacaan maulid simtud durar, dan pameran karya siswa di Madrasah Aliyah Tajul Ulum Banin.

Dalam puncak agenda taushiyah yang diisi oleh KH Muhammad Shofi Al Mubarok Baedlowie disebutkan bahwa Hari Santri Nasional itu sekaligus mengenang Resolusi Jihad 22 Oktober.

“Jadi, dulu itu Bung Karno konsultasi kepada Mbah Hasyim Asy’ari, yang kemudian terbit fatwa Resolusi Jihad 22 Oktober. Setelah perang selama 20 hari akhirnya diraih kemenangan dan timbullah Hari Pahlawan 10 November,” jelasnya. (Mundzir/Hud)

About Ansor Jateng

Check Also

Setelah Terpilih, Gus Sholah Akan Perkokoh Organisasi, Kader dan Jaringan

Semarang, ansorjateng.net, Ketua GP Ansor Jawa Tengah terpilih, Sholahudin Aly atau Gus Sholah, memiliki tugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *