Home / Ansor / LBH Ansor Jateng Gugat BPN Batang Soal eks Tanah Tratak

LBH Ansor Jateng Gugat BPN Batang Soal eks Tanah Tratak

Batang, ansorjateng.net Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor Jawa Tengah menggugat Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bateng terkait status tanah Hak Guna Bangunan (HGB) eks PT Tratak yang telah masa berlakunya sejak tahun 1980.

Gugatan itu dimasukkan pada September 2016, Nomer Perkata : 26/G/P.dt/2016/PN.Btg, di PN Batang. Hari Kamis 9 Februari sudah memasuki sidang ke 13. Tanah yang disengkatan terletak di Desa Sedayu, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang.

Sengketa tanah tratak ini memicu perselisihan warga, karena pengelolaanya beralih ke Yayasan Tazakka. Masyarakat setempat memanfaatkan tanah eks PT Tratak untuk fasilitas umum, lapangan sepakbola, masjid dan beberapa fasilitas lainnya.

Peralihan HGB dari PT Tratak ke Yayasan Tazakka, dianggap warga terdapat kejanggalan. Sebenarnya persoalan ini sudah dilakukan negosiasi dan musyawarah ditingkat desa, namun belum menemukan titik temu. Yayasan Tazakka menginginkan lapangan dan masjid menjadi bagian satu kesatuan yang dikelola olehnya dengan luasa tanah sekitar 28.000 meter persegi.

Kuasa Hukum Masyarakat Desa Sedayu, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang dari LBH Ansor Jateng, Taufik Hidayat SH MH, mengatakan mulai sidang ke 12 telah menghadirkan beberapa saksi menguatkan pihak kami bahwa peralihan HGB dari PT Tratak ke Tazakkai banyak kejanggalan.

”Kami berharap semua pihak menahan diri dan menghormati proses hukum yang sudah berjalan,”ujarnya. (Sho)

 

 

About Ansor Jateng

Check Also

Setelah Terpilih, Gus Sholah Akan Perkokoh Organisasi, Kader dan Jaringan

Semarang, ansorjateng.net, Ketua GP Ansor Jawa Tengah terpilih, Sholahudin Aly atau Gus Sholah, memiliki tugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *