Home / Ansor / Ingin Jadi Anggota Ansor atau Banser? Begini Caranya..

Ingin Jadi Anggota Ansor atau Banser? Begini Caranya..

Banser

Semarang, Ansorjateng.net, Banyak pertanyaan dari umat mengenai bagaimana caranya bisa bergabung atau menjadi anggota/kader Gerakan Pemuda (GP) Ansor maupun Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

Pertanyaan tersebut beberapa di antaranya dikirim melalui pesan di akun media sosial yang dimiliki oleh GP Ansor Jateng, semisal melalui halaman facebook GP Ansor Jateng, melalui twitter @ansorcybermedia, maupun email ansorcybermedia@gmail.com.

Menanggapi antusiasnya umat untuk dapat bergabung dengan Ansor, Sekretaris Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Tengah, Sholahuddin Aly menjelaskan, bahwa untuk menjadi anggota Ansor maupun Banser, caranya tidak sulit hanya cukup melakukan silaturahmi.

Yakni, silakan bersilaturahmi ke kader ataupun pengurus GP Ansor di tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC) atau Kecamatan setempat, atau cukup ke pengurus GP Ansor di tingkat Ranting/Kelurahan/Desa setempat, atau juga bisa silaturahmi ke pengurus Nahdlatul Ulama setempat.

Selanjutnya, anda akan diberi penjelasan mengenai apa itu Ansor dan apa yang mesti dilakukan. Adapun syarat utama adalah harus beragama Islam, berusia minimal 20 tahun dan maksimal 40 tahun.

Nantinya anda akan diberi arahan untuk mengikuti pendidikan tingkat dasar yang disebut Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) untuk Ansor, serta Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) untuk Banser.

“Pelatihan itu sebagai syarat bahwa calon anggota tersebut nantinya telah diakui sebagai kader atau anggota,” jelas Gus Sholah, panggilan akrabnya, Jumat (2/6/2017).

Dan yang terpenting, ketika ingin menjadi anggota atau kader GP Ansor maupun Banser, bekal paling utama adalah meluruskan niat untuk mengabdi pada agama, setia pada Bangsa atau Negara Indonesia, takdzim sepenuhnya pada Ulama atau Kiai, ingin ikut berdakwah mengembangkan Islam Rahmatan Lil ‘alamin, serta taat pada aturan organisasi.

“Tentunya tak ada biaya pendaftaran alias gratis. Hanya diminta kesediaan memberi infaq ketika akan mengikuti pendidikan kader berupa PKD maupun Diklatsar,” jelasnya.

Gus Sholah menambahkan, sebenarnya selama ini memang banyak masyarakat dari agama lain yang malah ingin bergabung menjadi Banser. Akan tetapi, hal itu tidak diatur dalam organisasi. “Ya mohon maaf, tidak bisa diakomodir karena tidak sesuai dengan PDPRT (peraturan dasar dan peraturan rumah tangga) Ansor,” urainya.

Pada intinya, GP Ansor menyambut dengan tangan terbuka bagi siapapun untuk ikut bergabung. Syaratnya harus memenuhi ketentuan yang ada di organisasi, serta memiliki niat untuk membela Agama, Bangsa, Negeri. Selamat Bergabung, Sahabat!! (Huda)

 

About Ansor Jateng

Check Also

LBH Ansor Desak Kepolisian Tuntaskan Kasus Penyerangan pada Perayaan HUT RI

  Semarang, ansorjateng.net, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Pemuda Ansor mendesak pada kepolisian untuk melanjutkan …

One comment

  1. Ingin mendaftar saya d kudus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *