Home / Ansor / Setelah Dilantik, Ansor Mranggen Diminta Percepat Kaderisasi

Setelah Dilantik, Ansor Mranggen Diminta Percepat Kaderisasi

Demak, Ansorjateng.net – Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah, telah melantik pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Mranggen, periode 2017-2019, pada Sabtu (4/11/2017) malam, di Kantor MWC Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Mranggen.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Demak yang baru serta sekaligus Ketua DPRD Kabupaten Demak, Nurul Muttaqin, Muspika Kecamatan Mranggen, pengurus MWC NU Mranggen, serta badan semi otonom NU.

Seusai prosesi pelantikan yang dilakukan dengan sederhana itu, pengurus PW GP Ansor Jateng H Hadi Masykur mengungkapkan, pihaknya mendorong agar usai dilakukan pelantikan diharapkan segera bergerak cepat dengan melaksanakan berbagai program kerja, serta pengkaderan.

“Di GP Ansor, pelantikan dan kaderisasi sangat penting, ini bagian dari amanat organisasi, maka setelah pelantikan kami harap bisa melakukan kaderisasi yang sifatnya formal di antaranya PKD dan Diklatsar,” kata Hadi Masykur.

Ia menekankan, sebuah organisasi jika tidak dilakukan kaderisasi maka regenerasi akan terputus. Sehingga ke depan akan terjadi ketidaksambungan antara generasi ke generasi berikutnya.

“Dari Pimpinan Cabang Demak sudah berkomitmen bahwa semua PAC akan dilakukan PKD dan Diklatsar pada 2018 mendatang. Kami harap, PC juga mendorong PAC-PAC untuk kaderisasinya,” katanya.

Hadi juga mengungkapkan, jika selama ini Kecamatan Mranggen selau menjadi barometer dalam berbagai aspek untuk wilayah sekitarnya, maka ia berharap setelah dilantiknya pengurus Ansor dan Banser PAC Mranggen ini dapat mempertahakannya.

“Selama ini Mranggen jadi barometer, maka tentunya harus bisa dipertahankan dan ditingkatkan. Minimal semua ranting sudah ada kepengurusannya. Sebab belum semua ranting ada kepengurusan dan Bansernya,” ungkapnya.

Tantangan lain yang mesti dihadapi, imbuhnya, adalah saat ini Ansor dan Banser tidak hanya menjaga Ulama namun juga menjaga wilayah NKRI melalui semboyan NKRI Harga Mati. Tentunya, tugas ini tak lagi hanya ke internal NU saja, namun juga sudah dituntut berkhidmah untuk bangsa.

“Ini adalah tantangan bagi sahabat-sahabat semua. Ini juga bagian berkiprah pengabdian kemasyarakatan,” tegasnya.

Danramil Kecamatan Mranggen, Kapten Infateri Donny mengutarakan, dirinya yang baru bertugas dua bulan ini di Mranggen, sudah tak asing lagi dengan Ansor dan Banser. Sebab di berbagai pelosok daerah di Indonesia selalu ditemukan adanya Ansor dan Banser.

“Saya harap bisa sama-sama menjaga situasi yang damai dan bisa mengayomi semua masyarakat. Banser kami lihat selalu bisa netral pada negara, bisa bersinergi dengan TNI dan Polri, maka setiap ada kegiatan kami harap kami berkoordinasi,” ungkapnya.

Donny juga mengutarakan, TNI sering melakukan kegiatan pengabdian ke masyarakat berupa terjun langsung dalam kegiatan tanggap bencana, kerja bakti gotong royong, dan lainnya. Maka ke depan, pihaknya akan selalu menggandeng Banser dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan di Mranggen.

“Harus bangga jadi Banser, kompak, kalau ada permasalahan tolong didiskusikan dengan kami. Kita bisa saling ngobrol mencari penyelesaian bersama jika ada persoalan. Jadi semua diselesaikan dengan musyawarah,” katanya.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Mranggen, Rohmanidzom mengatakan, prosesi pelantikan pengurus awalnya digelar di ruang terbuka di komplek kantor MWC NU. Namun melihat cuaca yang tak memungkinkan akhirnya dialihkan ke dalam ruangan.

“Ruangannya juga cukup luas, nyaman, sehingga ketika hujan tidak mengganggu acara,” ujarnya.

Ia menyatakan, usai digelarnya upacara pelantikan pengurus ini, dirinya bertekad akan mengajak semua pengurus PAC dan pengurus Ranting untuk lebih bersemangat berdakwah dengan jalan membesarkan organisasi. Termasuk melakukan kaderisasi demi keberlangsungan organisasi di masa mendatang.

“Setelah kami dilantik, kami bisa menjalankan roda organisasi secara maksimal, dan bisa bermanfaat bagi warga NU serta bermanfaat untuk kita semua dunia dan akhirat,” katanya.(AnsorJateng)

About Ansor Jateng

Check Also

Selamat Jalan Mahfudz Basori Sang Pelopor Kemandirian NU di Tegal

Tegal, ansorjateng.net, KH Mahfudz Basori mempelopori kemandirian NU dengan meningkatkan ekonomi umat melalui pembentukan Baitul Mal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *