Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bukan sekedar tempat dimana kita dilahirkan, bukan hanya tempat dimana kita dikebumikan. Keutuhan NKRI menjadi lebih penting tatkala Hadratusy Syaikh Kiai Haji Hasyim Asy’ari mendawuhkan Resolusi Jihad, membuktikan bahwa menjaganya merupakan sebuah amaliyah ghoiru mahdloh yang fardlu.

Wajib hukumnya membela tanah air, jauh dari amaliyah goiru mahdloh lainnya. Dengan ketentraman dalam kehidupan disuatu negara menjadikan kita dapat menjalankan ibadah lainnya dengan tenang. Mustahil mampu melasanakan ibadah fardlu dengan kondisi ketakutan kelaparan bahkan terancam. Maka sudah sepatutnya Resolusi Jihad senantiasa dikobarkan dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

Resolusi Jihad bukanlah berarti sempit dengan angkat senjata. Makna  yang terkandung dalam Resolusi Jihad lebih spesifik lagi dengan gerakan gerakan kepemudaan. Yakni dengan Kerukunan umat beragama, budaya dan olahraga.

Kerukunan umat beragama akan  mengawali menjadi benteng kokoh dalam Indonesia, tidak heran KH Abdurahman Wahid  (Gus Dur) menjadi tokoh  bangsa yang sangat pluralis. Ketika bahu membahu menangkal perongrong negara ini tanpa harus memandang perbedaan keyakinan adalah modal utama dalam menciptakan masyarakat Madani. Terlebih akhir-akhir ini justru agama dijadikan senjata untuk memborbardir kemanusiaan maka sudah waktunya gerakan lintas agama dijadikan sebuah Resolusi Jihad NU. Gerakan Pemuda (GP) Ansor harus menjadi pelopor gerakan tersebut.

Budaya adalah sebuah nilai khusus yang lahir karena cipta, rasa dan karsa yang menjandi karya umat manusia. Budaya telah  terbukti ampuh merajut terkoyaknya sebuah kebersamaan. Budaya-budaya yang terpendam atau sengaja dikubur  harus kita gali, jangan sampai image Indonesia ramah akan  berangsur-angsur hilang. Bahkan budaya asing yang dipaksakan tinggal di negeri ini harus disingkirkan. Dimana pragmatisme sudah mulai ditanamkan di benak generasi muda secara masif harus kita lawan dengan Resolusi Jihad NU dan Ansor adalah garda terdepan dalam berbudaya nusantara.

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Olahraga menjadi salah satu resolusi setelah lainnya. Dalam olahraga kita dapat merasakan persamaan, dalam olahraga mengajari kita menerima kekalahan dan tidak jumawa dalam sebuah kemenangan. Dalam olahraga kita mampu mengumandangkan Lagu Kebangsaaan kita diseluruh penjuru dunia.  Laksana azan berkumandang, maka mari kita laksanakan Resolusi Jihad NU dengan mengakomodir bakat-bakat generasi muda NU melalui  olahraga. Sekali lagi GP Ansor mesti mampu memecahkan permasalahan bangsa ini.

Bismillah, penafsiran Resolusi Jihad NU secara sederhana ini agar menjadikan semangat kita ber-Ansor semakin kokoh. Resolusi Jihad NU adalah benteng terkuat NKRI.

Jambu, 2 Oktober 2019
Agus Ardiyanto

PAC GP Ansor Kec. Jambu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini