ANSORJATENG.NET, PEKALONGAN – Kader Gerakan Pemuda (GP) Ansor wajib memiliki 5 hal dalam menjalankan aktifitasnya sehari-hari, terutama dalam menjalankan fungsinya sebagai kader.

Adapun, 5 hal tersebut antaralain kreatif, aktif, disiplin, efektif-efisien, dan rasional (Kader).  

Hal itu diungkapkan Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Moh Azmi Fahmi atau Gus Azmi saat memberikan arahan pada peserta Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Ansor – Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Banser, di Eks SMA PGRI Wiradesa Kabupaten Pekalongan, Jumat (10/13/2019).

“Menjadi kader Ansor Banser harus jalankan 5 hal dalam menjalankan fungsinya sebagai kader. Jika hal tersebut dijalankan, saya jamin kehidupan kita dalam berorganisasi maupun kehidupan lainnya akan terjadi keseimbangan,” jelasnya.  

Selain itu, Gus Azmi juga menegaskan, sebagai kader Ansor-Banser harus berpegang teguh pada prinsip ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah  An-Nahdliyah, yakni  tawasuth, tasamuh, tawazun, dan iktidal.  

“Sehingga kader tidak akan gamang dalam menghadapi kehidupan ini,” imbuhnya.

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Wiradesa, Al-Mukhlis, mengatakan, peserta PKD-Diklatsar berjumlah 201 orang dengan komposisi 75 persen berasal dari Kecamatan Wiradesa dan 25 persen daerah lain.  

“Bahkan ada juga peserta dari Kabupaten Pemalang,” ujarnya, Minggu (13/10/2019).

Ia mengungkapkan, banyaknya jumlah peserta berarti akan ada tanggungjawab besar yang harus dipikul.

Yaitu mendidik dan merawat agar menjadi kader militan.

“Ini konsekuensi logis yang harus diterima kami beserta jajaran pengurus lainnya untuk merawat kader Ansor-Banser yang baru saja dibaiat,” tandasnya.

Penutupan PKD-Diklatsar, dilakukan pembaretan oleh PC GP Ansor dan Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser Kabupaten Pekalongan, dihadiri Pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Wiradesa, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hj Hindun, serta keluarga peserta.(Abdul Muiz/NuOnline/Huda)

 
Sumber: 

https://www.nu.or.id/post/read/112162/jadi-ansor-banser-harus-paham–kader-
Konten adalah milik dan hak cipta www.nu.or.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini