ANSORJATENG.NET, SEMARANG – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah mendukung penuh keputusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang menetapkan Provinsi Lampung sebagai lokasi penyelegaraan Muktamar  ke-34  NU pada September 2020 mendatang.

Sekretaris PWNU Jateng KH Hudallah Ridwan Naim mengatakan, demi kebesaran NU secara nasional, warga NU Jateng ikhlas, ridla, dan mendukung penuh Lampung dijadikan lokasi Muktamar ke-34 tahun depan.

“Keputusan PBNU tepat sekali, sudah saatnya NU memperkuat dan memperluas jaringannya di luar Jawa. Melalui Muktamar ke-34 ini semoga NU semakin semarak di Sumatera khususnya,” kata Gus Huda, Kamis (10/10/2019) lalu.

Menurutnya, penunjukan Lampung sebagai lokasi penyelenggaraan Muktamar itu ditetapkan melalui Surat Keputusan PBNU Nomor 420/AII/04 D/10/2019 tentang tempat penyeleggaraan Muktamar Nahdlatul Ulama ke-34.

Jauh sebelum terbitnya keputusan itu, lanjutnya, PWNU Jateng di arena Konferensi Besar dan Munas Alim Ulama di Jabar beberapa waktu lalu sudah mengusulkan agar Muktamar ke-34 dilakasanakan di luar Jawa.

Meskipun, lanjutnya, Jateng masuk  dalam nominator bersama delapan PWNU lainnya untuk dijadikan lokasi Muktamar.

Menurutnya, penyelenggaraan Muktamar NU di Lampung tahun depan memiliki makna strategis. Selain untuk mendorong dinamisasi Nahdliyin di luar Jawa, sekaligus untuk menunjukkan kebesaran NU secara nasional dan internasional.

“NU bukan organisasi lokal Jawa saja,” tuturnya.

Ia menambahkan, digelarnya Muktama ke-34 di Lampung menambah catatan muktamar NU di luar Jawa.

Sebelumnya, Muktamar ke-9 tahun 1936 dilaksanakan Banjarmasin (Kalsel), Muktamar ke-21 di Medan (Sumut), dan  Muktamar ke-32 tahun 2010 di Makassar (Sulsel).

Gus Huda juga menuturkan, penyelenggaraan Muktamar NU di Lampung sekaligus sebagai wujud nyata partisipasi NU dalam menjaga keutuhan NKRI dengan membesarkan Jamiyah di wilayah luar Jawa.

Sebab selama ini terjadi sejumlah konflik dan benturan isu SARA yang harusnya dihentikan agar tercipta perdamaian.

“Terkait teknis, kami yakin Lampung mampu menyiapkan agenda besar ini dengan baik,” tegasnya.(NUOnline/Ansor Jateng)

Sumber: 

https://www.nu.or.id/post/read/112041/nu-jateng-dukung-lampung-lokasi-muktamar-ke-34-nu-

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini