Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Brebes mengadakan diskusi terkait langkah-langkah alternatif beberapa permasalahan yang terjadi di Brebes maupun yang sedang mengancam negara Indonesia.

Acara yang dibarengkan dengan kegiatan rutinan Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Kabupaten Brebes yang dilaksanakan di Aula Ranting NU Kalijurang Kecamatan Tonjong, Selasa, (3/3/2020)

Ketua MDS Rijalul Ansor Moh. Iqbal Tanjung mengajak kepada seluruh jemaah yang hadir untuk memperbanyak membaca Sholawat Thibbil Qulub sebagaimana instruksi dari PBNU agar kita terhindar dari marabahaya dan penyakit, salah satunya adalah virus corona.

Seperti yang telah diberitakan oleh media massa tentang pengunuman yang disampaikan oleh Presiden Jokowi bahwa Indonesia sudah ada 2 orang yang positif terkena virus corona.

Sementara itu Ketua PC GP ANSOR Kabupaten Brebes, Ahmad Munsip, dalam sambutannya mengingatkan kepada pengurus MDS Rijalul Ansor disemua tingkatan untuk menjalankan perintah dari PBNU terkait Shilawat Thibbil Qulub ini.

Menurutnya ini tugas dan tanggungjawab GP Ansor dalam rangka mengawal dan melestarikan ajaran Islam Ahlussunah Wal Jama’ah An-Nahdliyah dalam menghadapi permasalahan Negara yang salah satunya adalah Virus Corona ini.

Kegiatan MDS Rijalul Ansor merupakan kegiatan rutin bulanan di tiap kecamatan, dalam kegiatan tersebut ada sesi diskusi yang mengangkat tema-tema aktual yang terjadi di masyarakat.
Pada sesi lain, kegiatan ini juga membahas tentang langkah-langkah alternatif program sebagai solusi penanggulangan banjir sesuai dengan Nawacita Presiden Joko Widodo, yaitu Perhutanan Sosial.

Dalam diskusi tersebut dibahas bahwa imbas bencana banjir selama 5 tahun berturut-turut berasal dari hulu Sungai Pemali dan Cisanggarung, yang sebagian besar berhulu di beberapa kecamatan di Brebes Selatan. Maka untuk itu, perlu ada komitmen bersama antara pemangku kepentingan dan elemen masyarakat dalam pelestarian lingkungan melalui intruksi Presiden Jokowi terkait Perhutanan Sosial.

Kegiatan ini dihadiri lebih dari seratus warga setempat dan kader Ansor-Banser di wilayah Brebes Selatan. Turut hadir pula sejumlah tokoh MWC dan Badan Otonom NU Kec. Tonjong, Pimpinan Cabang GP Ansor, Satkorcab Banser, Pengurus MDS Rijalul Ansor Kabupaten Brebes, beberapa perwakilan PAC se-Kabupaten Brebes serta undangan lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini