Beranda / Ansor / Ansor Trangkil dan Wedarijaksa Bentuk Pertemuan Rutin Lintas PAC

Ansor Trangkil dan Wedarijaksa Bentuk Pertemuan Rutin Lintas PAC

Silaturahmi antara PAC Ansor Trangkil dengan Wedarijaksa, Pati.
Silaturahmi antara PAC Ansor Trangkil dengan Wedarijaksa, Pati.

 

Pati, ansorjateng.net, Pengurus harian Pimpinan Anak Cabang (PAC) Trangkil dan Wedarijaksa, Kabupaten Pati, mengadakan pertemuan rutinan (Selapanan) semalam di masjid Jami Asempapan Trangkil, Sabtu (23/4/2016).

Pertemuan yang direncanakan masuk dalam agenda rutin bulanan oleh kedua PAC ini digadang-gadang akan menjadi sarana dalam “urun rembug” setiap kegiatan ansor di wilayahnya.

Sesuai dengan instruksi dari Wakil Ketua PC GP Ansor Pati, Ilham Supriyanto dalam ceramahnya di serambi Masjid Asempapan Trangkil, bahwa Ansor Pati adalah sebagai Ansor dunia pesantren di wilayah Jawa Utara. Maka harus mampu menunjukkan soliditas dan kebersamaan antar anggota.

“Di samping itu organisasi seperti ini bisa menjadikan diri kita lebih cinta pada NU sebagai organisasi Islam ahlussunah wal jamaah an-nahdliyah, sekaligus menumbuhkan sikap patriotisme untuk NKRI ini,” katanya.

Menurutnya, agenda seperti ini jangan disia-siakan. Karena Ansor merupakan penggerak motor NU. Setiap kegiatan maupun acara yang berlabel Islami, pihak Pengurus Cabang akan turun tangan membantu, baik dari segi dana, keamanan, dan kesuksesan kegiatan.

“Selebihnya memang kewenangan Pengurus Anak Cabang dalam penyelenggaraan acara. Namun setidaknya ada pemberitahuan dari PAC ke Cabang jauh-jauh hari sebelum acara dilaksanakan,” ungkapnya.

Ketua Pimpinan Anak Cabang Wedarijaksa, Ahmad Halimi, mengatakan, pihaknya akan menggerakan alumni Diklatsar Wedarijaksa yang solid, untuk menyamakan dengan kegiatan di Trangkil. Misalnya keberhasilan di PAC Trangkil dalam pengembangan potensi daerah.

Di antaranya pertanian hidroponik di desa Kadilangu Trangkil, pengolahan sampah, penanaman mangrove di pantai desa Guyangan Trangkil, dan perikanan tambak di desa-desa pesisir wilayah Trangkil.

Dari potensi yang ada memang baru dikembangkan secara bertahap dengan obyek para kader Ansor sesuai bidang keahliannya.

“Kami secara lisan ingin meminta izin kepada Pengurus Anak Cabang Trangkil untuk bisa mengagendakan study banding dalam waktu dekat dengan Pengurus anak cabang Wedarijaksa,” katanya kepada ansorjateng.net.

Dalam acara selapanan ini, juga dibahas tentang peringatatan Harlah GP Ansor Kabupaten Pati yang ke 82 yang akan dilaksanakan oleh Penguruc Cabang Ansor kabupaten Pati.

Sesuai dengan rencana PC GP Ansor Pati yang diwakili Sekjen PC GP Ansor Kabupaten Pati, Irham Shodiq merencanakan napak tilas dan ziarah ketempat para wali di sekitar Kabupaten Pati dengan berkonvoi di Desa Guyangan kecamatan Trangkil.

Menurutnya, acara ziarah akan lebih mendekatkan diri kepada sang khalik sekaligus nguri-nguri budaya. Rencananya, peserta yang ikut konvoi adalah seluruh anggota Ansor di PAC Wedarijaksa dan PAC Trangkil.

Ia menambahkan, untuk PAC Kecamatan lain jika ingin mengikuti acara ziarah diharapkan datang sesuai jadwal yang telah ditentukan. Tempat yang nantinya akan dikunjungi dalam ziarah antara lain makam KH Suyuti Guyangan, KH Makam Ahmad Mutamakkin Kajen, Makam Syeh Jangkung Kayen, Makam Sunan Ngerang dan KH Abdul Hamid Sambilawang.(Hasanudin/hud)

Tentang Ansor Jateng

Baca Juga

Fatayat Ranting di Cepu Berhasil Kumpulkan Santunan Yatim Piatu Sejumlah Rp 16 Juta

ANSORJATENG.NET, BLORA – Pada Rabu (19/9/2018), Muslimat NU dan Fatayat NU Ranting Sumberpitu, Cepu Blora, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *