Beranda / Ansor / Satkorwil Banser Jawa Tengah Dirikan 124 Posko Mudik 2016

Satkorwil Banser Jawa Tengah Dirikan 124 Posko Mudik 2016

Posko Mudik di Banyumas
Posko Mudik di Banyumas

Semarang, ansorjateng.net, Menghadapi arus mudik lebaran tahun 2016, Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jawa Tengah,  mengoperasionalkan 124 Pos Komando (Posko) dengan melibatkan 5.000 personel.

Sejumlah personel Banser tersebut memiliki keahlian atau terlatih dalam bantuan lalu lintas dan pertolongan pertama. Setiap Posko, bakal ditempatkan 30 personel tiap harinya, ditambah personel cadangan.

Mereka disiagakan di tempat-tempat strategis rawan kecelakaan, terminal, stasiun, pelabuhan dan tempat wisata di sepanjang Jalur Pantura, Jalur Tengah dan Jalur  Selatan Jawa Tengah.

“Kegiatan Posko Banser ini adalah kegiatan tahunan selama masa mudik lebaran. Tahun ini mengambil tema ‘Istirahat untuk Selamat’. Tujuannya untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam menanggulangi berbagai hal yang timbul akibat mudik,” kata Kasatkorwil Banser Jawa Tengah DR Hasyim Asy’ari, Rabu (29/6/2016).

Posko tersebut diririkan di Jalur Pantura sebanyak 80 Posko, Jalur Tengah ada 27 Posko, dan Jalur Selatan ada 17 Posko.

“Dengan Total 124 Posko Mudik BANSER 2016 di seluruh wilayah Jawa Tengah, Barisan Ansor Serbaguna berupaya menekan dampak negatif tradisi mudik yang sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat kita,” kata Hasyim yang juga Dosen Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang ini.

Lebih lanjut, Hasyim menjelaskan, adapun Posko Mudik BANSER 2016 ini sebagian besar berbasis musala, masjid, pesantren dan kantor NU. Tiap posko menyediakan informasi lalu lintas, jalur alternatif, tempat peristirahatan, tempat salat, takjil buka puasa, dan posko kesehatan.

Selain itu, Banser juga menerjunkan ribuan personel Satuan Khusus Barisan Ansor Serbaguna Lalu-Lintas (BALANTAS) untuk membantu mengurai kemacetan yang sudah pasti terjadi.

Ditegaskan oleh Hasyim, Posko Banser ini bertugas sejak H -7 Idul Fitri atau 28 Juni 2016 sampai dengan H +7 Idul Fitri atau 14 Juli 2016 sesuai dengan kebijakan Kasatkornas Banser Pusat.

Posko Banser ini nantinya koordinasi terpadu dengan Kepolisian dan aparat pemerintah terkait, untuk bahu membahu menjaga keamanan Perayaan Idul Fitri 1437 H.(Hud)

Tentang Ansor Jateng

Baca Juga

Fatayat Ranting di Cepu Berhasil Kumpulkan Santunan Yatim Piatu Sejumlah Rp 16 Juta

ANSORJATENG.NET, BLORA – Pada Rabu (19/9/2018), Muslimat NU dan Fatayat NU Ranting Sumberpitu, Cepu Blora, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *