Logo Ansor Cyber Media Jateng
Logo Ansor Cyber Media Jateng

 

Pekalongan, ansorjateng.net, PC GP Ansor Kabupaten Pekalongan, segera membentuk Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor Pekalongan. Adanya lembaga tersebut untuk melakukan pendampingan pada warga nahdliyin yang sedang menemukan persoalan hukum.

Selama ini, banyak warga Nahdliyin yang kebingungan ketika mendapati persoalan hukum. Mereka tak tahu ke mana harus berkonsultasi dan meminta bantuan pendampingan hukum. Pembentukan LBH Ansor Pekalongan ini, nantinya akan difasilitasi oleh LBH PW Ansor Jawa Tengah.

Dalam diskusi yang difasilitasi LBH PW Ansor Jawa Tengah di Aula kantor PCNU Kabupaten Pekalongan, belum lama ini, disepakati bahwa sebagai langkah awal, akan melakukan inventarisasi kader yang memiliki latar belakang pendidikan bidang hukum.

Direktur LBH PW Ansor Jawa Tengah, Denny Septiviant mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pendampingan dalam pendirian LBH Ansor Pekalongan.

Menurutnya, Ansor sebagai generasi mudanya Nahdlatul Ulama harus bisa menjadi pelopor dan penolong masyarakat dalam mengatasi permasalahan hukum yang sedang dihadapi warga Nadliyyin di Pekalongan.

“Jika eran tersebut dilakukan Ansor, maka akan pas sekali dengan arti Ansor itu sendiri, yakni penolong,” ujar Deny.

Langkah awal yang perlu dilakukan, yaitu menginventarisasi potensi sumberdaya manusia dari kader berlatarbelakang pendidikan sarjana hukum dan memiliki sertifikasi advokat, yang dimiliki Ansor Kabupaten Pekalongan.

“Tetapi jika ada kader yang minat seputar persoalan hukum namun tidak memiliki sertifikat advokat atau sarjana hukum, maka masih bisa diarahkan pada jurusan para legal,” imbuh Anggota Divisi LBH PW Ansor Jawa Tengah, Ahmad Taufiq.(Alim Mustofa/Hud)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here