Beranda / Ansor / Ulama, Aparat, dan Pelajar di Demak Kirab Kibar 1.000 Bendera Merah Putih

Ulama, Aparat, dan Pelajar di Demak Kirab Kibar 1.000 Bendera Merah Putih

IMG_5145

Demak, Ansorjateng.net, Ratusan personel TNI dari Kodim 0716 Demak, ratusan personel Polisi dari Polres Demak, serta ratusan elemen masyarakat yang terdiri dari pelajar, aparatur pemerintah, dan elemen masyarakat lain, mengikuti kirab 1.000 bendera merah putih, di Desa Waru, Mranggen, Demak, Rabu (19/4/2017) pagi.

Kegiatan yang digelar sebagai rangkaian Haflah Maulid Nabi Muhammad SAW dan Gebyar Kebangsaan dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan NKRI, digelar oleh Majlis Ta’lim Kanzul Ulum Desa Waru, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak.

Kirab Kibar 1.000 bendera sangsaka merah putih ini, dibuka oleh Komandan Kodim 0716 Demak Letkol Inf Agung Udayana, bersama Rois Syuriah PWNU Jateng KH Ubaidillah Shodaqoh atau Gus Ubed, perwakilan jam’iyah thotiqoh Prof DR Abdul Hadi, Syuriah NU Ranting Desa Waru, Camat Mranggen, Kepala Desa Waru, Kapolsek Mranggen, dan perwakilan dari Kapolres Demak.

Pada kirab ini, ribuan peserta yang ikut, membawa bendera sangsaka sembari berjalan mengelilingi desa ini sepanjang sekitar 15 kilometer. Sejumlah grup marching band dari sejumlah lembaga pendidikan di Kecamatan Mranggen juga ikut dalam kirab ini, termasuk sejumlah kelompok kesenian tradisional.

IMG_5147

IMG_5148

Menurut penuturan panitia yakni Koordinator Perlengkapan Haflah Maulid Nabi Muhammad SAW dan Gebyar Kebangsaan 2017, Masykuri, kirab ini merupakan bagian dari rangkain kegiatan menyambut puncak acara yang akan digelar Kamis (20/4/2017) mendatang.

“Kirab ini merupakan bukti bahwa kita Umat Islam Aswaja Annahdliyah cinta NKRI. Kita paham bahwa negara ini didirikan atas perjuangan para Ulama atau Kiai di era penjajahan,” ungkap Masykuri.

Ia juga menjelaskan, Haflah tahun ini juga banyak kegiatan yang digelar. Pada Senin (17/4/2017) digelar ziarah ke makam Al Habib Hasan bin Toha bin Yahya di Kota Semarang, kemudian pada Selasa (18/4/2017) digelar khataman Alquran 30 juz dan pembacaan manaqib Syaikh Abdul Qodir Al jailani.

Kemudian pada Rabu (19/4/2017) pagi digelar kirab kibar 1.000 bendera merah putih. Dan malamnya, digelar penampilan Balasik ‘Seroja’ pimpinan Habib Hasyim Pekalongan bersama Habib Mustofa Al Haidar dari Jember Jawa Timur.

Habib Luthfi saat hadir dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Waru, Mranggen, Demak.
Habib Luthfi saat hadir dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 2016 di Desa Waru, Mranggen, Demak.

 

Dan pada puncak acara, pada Kamis (20/4/2017) malam digelar Maulid Nabi Muhammad SAW, Gebyar Kebangsaan dan Haul para Ulama serta Pejuang NKRI.

Pada puncak acara ini, akan dihadiri Maulana Al Habib Umar Muthohar Semarang, Maulana Al Habib Muhammad Luthfi bin Yahya Pekalongan, Bupati Demak M Natsir, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Malam puncak nanti akan dihadiri oleh Maulana Habib Luthfi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo,” katanya.

Ia mengungkapkan, seperti pengalaman tahun sebelumnya, di puncak acara akan dihadiri puluhan ribu orang, bukan hanya dari warga Demak namun juga dari berbagai daerah di sekitar Pantura, semisal Semarang, Kendal, Batang, Kudus, Jepara, Grobogan, Rembang, hingga Tuban.

“Perkiraan kita yang hadir sekitar 20 ribu orang. Kita juga imbau untuk masyarakat yang ingin hadir bisa sejak usai salat Maghrib, sebab rangkaian acara akan dimulai sekitar pukul 18.30,” kata Masykuri. (Abah Falet)

Tentang Ansor Jateng

Baca Juga

Fatayat Ranting di Cepu Berhasil Kumpulkan Santunan Yatim Piatu Sejumlah Rp 16 Juta

ANSORJATENG.NET, BLORA – Pada Rabu (19/9/2018), Muslimat NU dan Fatayat NU Ranting Sumberpitu, Cepu Blora, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *