DIstribusi air bersih oleh GP Ansor dan Banser Boyolali.


Boyolali, Ansorjateng.net
, Kemarau panjang mengakibatkan kekeringan di sejumlah wilayah di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Hal ini, mencuri perhatian Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Boyolali untuk tergerak.

Ketua PC GP Ansor Boyolali, Husen Ahmadi mengatakan, adanya kondisi demikian, maka Ansor bergerak melakukan penggalangan dana guna membantu masyarakat sekitar. Mengingat, air bersih sangat dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Ada warga yang harus berjalan beberapa kilometer untuk mendapatkan air, itupun airnya kurang bersih. Kami sangat prihatin,” ujarnya, Selasa (14/8/2018).

Menurutnya, untuk mendapatkan air bersih, warga bahkan membuat galian di aliran sungai yang sudah mengering. Kemudian, untuk mendapatkan air yang jernih, warga harus rela bangun pukul 03.40 WIB.

Kemudian, setelah penggalangan dana terkumpul, selanjutnya dibelanjakan air bersih sejumlah 19 tangki air bersih.

Bantuan kemudian didistribusikan ke daerah yang paling terdampak kekeringan terparah yakni di Boyolali bagian utara sejak Sabtu (11/8/2018). Antaralain di Kecamatan Wonosegoro, Kemusuk dan Musuk.

Distribusi air bersih oleh GP Ansor dan Banser Boyolali pada warga yang mengalami musibah kekeringan.

Selain didistribusikan ke penduduk, juga didistribusikan ke mushola, masjid, dan lembaga pendidikan Islam.

Secara rinci, antaralain di mushola Gares Seruni Musuk, MTs Nurul Islam Ringin Larik Musuk, MI Sukorejo Musuk, Masjid Al Fatah Miliran Lampar, Masjid Baitul Makmur Soko Lampar, Masjid Al Ihlas Randu Kuning Lampar, Masjid Sudimoro Sangup.

Kemudian Masjid Margo Rahayu Jemowo, MI Baitul Huda Sumur, Desa Wonorejo Jemowo, dan mushola Sambirejo Lanjaran.

“Kami tergugah untuk ikut membantu warga dengan mengirimkan bantuan air bersih,” ujar Husen.

Kemudian pada Senin (13/8/2018), dilanjutkan distribusi ke Kecamatan Kemusu sejumlah 6 tangki air bersih, antaralain  Desa Kemusu, Desa Prapat, Desa Ngasinan, Desa Gunung Sari Kecamatan Wonosegoro.

“Semoga bantuan yang kecil ini bermanfaat untuk warga,” ujar dia.

Ditambahkan Husen, bantuan air bersih ini akan terus dilakukan oleh Ansor dan Banser Boyolali sampai tiba musim penghujan. Hal itu tujuan utamanya adalah untuk mengurangi derita masyarakat.

Bahkan, imbuhnya, dalam waktu dekat, pihaknya akan menyalurkan bantuan air bersih lagi ke  wilayah Juwangi dan beberapa titik lagi di Kecamatan Kemusu dan Wonosegoro.

Wakil Ketua Bidang Kaderisasi PW GP Ansor Jateng, Moh Abdulah,  juga terus memberikan bimbingan ke seluruh kader-kader dan warga di kawasan Soloraya. Agar mereka bisa menyisihkan sedikit rezeki yang dimiliki membantu kebutuhan air bersih. Supaya bantuan yang diserahkan ke warga semakin banyak.

“Kami berharap semakin banyak yang peduli membantu saudara- saudara  yang benar-benar membutuhkan air bersih,” kata Abdullah.(Heri Anugerah Boyolali/Huda)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini