Rapat Lazisnu Jateng

 

Semarang, ansorjateng.net, Ketua Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Provinsi Jawa Tengah, H M Mahsun SIP mengharapkan realisasi program kegiatan Penanggulangan Bencana (PB) di Lombok menjadi bukti profesionalitas kinerja.

Diharapkan, langkah ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap NU.

Hal ini disampaikan dalam rapat koordinasi pemberangkatan tim early recovery bagi korban gempa Lombok di Ruang rapat Ma’arif NU Jateng, Gedung Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah, Jalan dr Cipto Kota Semarang, Senin (27/08).

“Saya harap ada progress harian yang disampaikan dalam kegiatan kebencanaan di sana (Lombok-red),” kata Mahsun.

“Hal ini sangat penting terkait amanat yang diberikan masyarakat,” sambungnya.

Mahsun berharap, Lazisnu harus bisa menunjukkan sebagai lembaga yang layak mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Dia menekankan agar tim yang dikirim ke lokasi bencana sering berkoordinasi dengan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU sebagai leading sector di NU.

Menurutnya, LPBI sudah piawai dan berpengalaman dalam kegiatan kebencanaan.

“Selain itu, koordinasi dengan jajaran relawan yang ada, di sana sudah ada Bagana dan LPBI. Jadi bantuan dan tenaga yang ada kami harus bisa tepat sasaran dan efisien,” tandasnya.

Sementara, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), Drs KH Mohamad Muzamil mengungkapkan rasa syukur atas kepercayaan masyarakat.

“Alhamdulillah, kepercayaan masyarakat semakin baik untuk menyalurkan donasinya melalui NU,” tuturnya.

Lebih lanjut, Muzamil menegaskan, NU sejak awal berdirinya menggariskan tentang dasar-dasar kehidupan masyarakat yang lebih baik, yakni pentingnya kejujuran atau al-shidqu, menepati janji, al-amanah bi al-ahdi wa al-wafa, dan gotong royong, al-ta’awun.

Serta dilaksanakan secara terus menerus, al-istiqomah dalam menjalankan kebaikan.

“Insya Allah semua amal kebaikan kepada sesama pada saatnya nanti kebaikan itu akan kembali pada diri kita masing-masing,” pungkasnya.

Ditambahkan, program yang dicanangkan oleh Lazisnu di antaranya pemberian higiens kits, school kits, family kits, pelayanan kesehatan, pelayanan psikososial, perbaikan fasilitas umum, pendirian masjid dan sekolah sementara, membantu pembuatan hunian sementara (huntara), penyediaan air bersih dan MCK darurat, dan standarisasi Pos NU Peduli.(Rifki Hidayat/Hud)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini