Beranda / Ansor / Dari Kades hingga Para Perangkat Desa di Boyolali Ikut Diklatsar Banser

Dari Kades hingga Para Perangkat Desa di Boyolali Ikut Diklatsar Banser

Para aparatur desa yang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Banser di PAC GP Ansor Karanggede, Kabupaten Boyolali, Sabtu (31/8/2018).

 

Boyolali, ansorjateng.net, Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Karanggede, Kabupaten Boyolali, mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Banser, Sabtu (31/8/2018).

Di antara 250 calon anggota Banser tersebut, ada 1 kepala desa dan beberapa perangkat desa. Mulai dari Sekdes, Kaur Kesra, Kaur Umum, juga Bayan.

Seorang di antaranya adalah Marjono, Kepala Desa Sari Mulyo Kecamatan Kemusu, kemudian Sekdes Desa Bangkok, dan seluruh perangkat desa lainnya, perangkat Desa Dologan, dan juga Kaur Kesra dan Kaur Umum dari Desa Pinggir dan Desa Grogolan.

Marjono mengungkapkan, alasannya ikut Diklatsar selama tiga hari tersebut, selain ingin menjadi Banser yang berkomitmen menjaga NKRI dan ulama, ada satu motivasi khusus yang mendorongnya ikut Diklatsar.

“Ingin membumikan Ahlussunnah Wal Jama’ah di lapisan bawah masyarakat,” ungkap Kepala Desa Sari Mulyo tersebut.

Menurutnya, keinginan untuk menjadi anggota Banser sudah sejak lama.

Sementara itu, Kasatkoryon Kecamatan Kemusu, Nardi, yang juga dekat dengannya, Marjono sebenarnya ingin daftar jadi anggota Banser sejak Diklatsar tahun lalu. Namun berhubung kendala waktu, Marjono baru bisa ikut di Diklatsar angkatan pertama tahun Ini.

“Dari dulu, berkali-kali Kang Marjono menanyakan ke saya dan teman-teman lainnya kapan ada Diklatsar Banser,” kata Trianto.

Maka begitu Diklatsar digelar di Kecamatan Karanggede, tidak tanggung-tanggung, Marjono memberangkatkan 30 pemuda Kemusu untuk turut serta.

“Sebenarnya ada dua perangkat desa yang siap ikut (Diklatsar), tapi berhubung ada kegiatan mendesak di desa, mereka tidak jadi ikut,” ujarnya.

Terkait dengan tugas-tugasnya sebagai kepala desa selama mengikuti Diklatsar, Marjono mengaku tidak terganggu. Selain sudah mengkoordinasikan dengan perangkat desanya, ia juga berkoordinasi dengan panitia.

“Sahabat Marjono dan beberapa perangkat desa lainnya menjadi Komandan Pleton. Sangat aktif di seluruh giat yang dijadwalkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Boyolali, Husen Ahmadi mengapresiasi keikutsertaan kepala desa hingga sejumlah perangkat desa dari banyak desa di Boyolali yang ikut Diklatsar.

Sebagai bentuk apresiasi, Husen memberikan sebuah cinderamata khusus pada Kades Marjono.(Heri Anugerah/Hud)

 

 

Tentang Ansor Jateng

Baca Juga

10 November, Resolusi Jihad NU dan Perang Empat Hari di Surabaya

      Oleh K Ng H Agus Sunyoto Pada 73 tahun silam, tepatnya tanggal …

Satu Komentar

  1. Ansor Banser mantaaapppp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *