M Rikza Chamami

Ansorjateng.net, Salah satu do’a yang disenandungkan oleh KH R Asnawi adalah Indonesia Raya aman amin. Do’a itu akan terkabul jika bangsa Indonesia mau menjaga keamanan dan menahan emosi agar tidak terpecah belah.

Rasa rindu terhadap Indonesia yang aman itu setidaknya perlu meneladani cara Rasulullah Saw mendamaikan masyarakat Madinah. Awal mula konflik sektarian yang ada di Madinah mampu disatukan oleh Nabi Muhammad.

Di antara hal penting yang perlu dipertahankan dalam menjaga kesatuan bangsa adalah dengan kasih sayang. Sebab dengan adanya rasa saling kasih sayang itu, berarti kita mengikuti cara Nabi dan membuat masyarakat nyaman.

Hadits dari Abu Hurairah sebagaimana ditulis dalam Kitab Abi Jamrah dijelaskan. Bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Allah menjadikan rahmat (kasih sayang) seratus bagian, maka dipeganglah di sisiNya sembilan puluh sembilan bagian dan diturunkanNya satu bagian ke bumi. Dari yang satu bagian inilah seluruh makhluk berkasih sayang sesamanya, sehingga seekor kuda mengangkat kakinya karena takut anaknya akan terinjak olehnya”.

Berangkat dari inilah, tebaran kasih sayang Allah perlu kita lakukan bersama. Hidup tidak akan nyaman kalau selalu saling menjelekkan dan menebar fitnah. Negeri multikultural seperti Indonesia ini sangat butuh kasih sayang dan jauhkan dari fitnah.*)

 

M. Rikza Chamami

(Wakil Sekretaris PW GP Ansor Jawa Tengah/Dosen UIN Walisongo Semarang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here