Kendal, Ansorjateng.net – Panji Kirab Satu Negeri (KSN) dari zona Merauke tiba di Jawa Tengah, Kamis (4/10/2018), dan dibawa oleh rombongan kirab dari Maluku Utara.

Setelah upacara serah terima panji Kirab Satu Negeri di PWNU Jateng di Semarang, Kirab yang membawa pataka berjumlah 17 buah itu kemudian dibawa menuju Kabupaten Kendal.

Panji Kirab dijemput dari Kantor PWNU Jawa Tengah dan diserahkan langsung oleh Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah, Gus Sholahudin kepada Muhammad Ulil Amri, Ketua GP Ansor Kabupaten Kendal.

Sang Pataka Merah Putih kemudian diarak dari Kantor PWNU Jateng menuju Kendal dengan menggunakan rombongan mobil dari Kesatuan Cabang Banser Kabupaten Kendal yang dipimpin oleh Komandan Rubai.

Sesampainya di Kendal Sang Pataka Merah Putih disambut meriah oleh para santri, kader GP Ansor dan warga Kendal. Alunan rebana Ponpes Al Fadlu dan Marching Band Banser Patebon turut memeriahkan penyambutan Sang Pataka Merah Putih.

Serahterima Pataka ke Mustasyar PBNU KH Dimyati Rois di Kendal

Hening dan isak tangis mewarnai haru suasana saat Sang Pataka Merah Putih diserahkan oleh Ketua GP Ansor Kabupaten Kendal kepada KH Dimyati Rois dan kemudian dibacakan doa.

Ulil Amri, Ketua GP Ansor Kabupaten Kendal mengatakan bahwa Pataka Merah Putih berjumlah 17 buah yang berawal dari Merauke.

“Alhamdulillah pada detik hari ini kita peringati dan kita patut berbangga, kita junjung bersama untuk mempersatukan bangsa, memperteguh dan memperkokoh Negara Republik Indonesia”, ungkapnya.

Dari Kendal, Kirab Satu Negeri kemudian akan berlanjut ke Batang dan akan berakhir di Yogyakarta pada tanggal 26 Oktober 2018 berbarengan dengan rombongan kirab dari zona Sabang.

Kirab yang digagas GP Ansor ini akan ditutup dengan apel akbar di Yogyakarta yang akan diikuti sedikitnya seratus ribu personil Banser dan Ansor dari seluruh tanah air. (Bayu/Mufty/PCNUKendal/Hud)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here