Pataka Merah Putih tiba di Candi Arjuna Dieng, Banjarnegara. Selanjutnya dikirab menuju Wonosobo

Banjarnegara, Ansorjateng.net – Pataka Kirab Satu Negeri (KSN) Zona Merauke sudah tiba di Wonosobo, Jawa Tengah. Penyerahan Pataka dari PC GP Ansor Banjarnegara kepada PC GP Ansor Wonosobo dilaksanakan di kompleks Candi Arjuna ‘Negeri Atas Awan’ Dieng, Kamis (12/10/2018).

“Kami mengadakan di kawasan Candi Dieng, karena Dieng merupakan simbol dari peradaban bangsa Indonesia. Serta Candi Dieng merupakan candi pandawa sebagai simbol kekuatan positif yangg mengalahkan pasukan kurawa,” kata Ketua PC GP Ansor Wonosono, Mad Santoso.

Dari kawasan Dieng, pataka bendera merah putih di arak ke makam tokoh Nahdlatul Ulama Wonosobo, KH Nasir Dalhar. Perjuangan Kyai Nasir Dalhar sangat banyak pada bangsa dan negara, terlebih pada masa upaya penggulingan negara oleh PKI pada 1965.

“Kami sekaligus istighosah di makam KH Nasir Dalhar. Beliau juga tokoh kyai kharismatik menjaga kearifan lokal Dieng dan pejuang yang memiliki segudang keilmuan hikmah,” pungkas Santoso.

Saat sore hari arak-arakan pembawa pataka Kirab Satu Negeri zona Merauke diinapkan di Pondok Pesantren Roudlotul Huda, Desa Tieng, Wonosobo.

Rencana pataka akan diarak kembali pada 19 Oktober mendatang untuk dibawa Desa Sembungan yang merupakan desa teritingggi di Pulau Jawa. “Karena Merah Putih harus dijujung tinggi oleh bangsa Indonesia,” ungkap Santoso.

Di Desa Sembungan juga diadakan istigosah bersama ribuan anggota Ansor dipimpin Ketua PP Rijalul Ansor, KH R. Mahfudz Hamid.

Selain itu juga akan diadakan pengibaran bendera merah putih di Bukit Sikunir Wonosobo. Serta berbagai kegiatan selama di Wonosobo dengan melibatkan ribuan anggota Ansor, Fatayat, IPNU dan warga Nahdlatul Ulama.(Dhani/Hud)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini