Beranda / Ansor / Tiba di Rembang, Rombongan KSN Ziarah ke Makam Pendiri NU di Lasem

Tiba di Rembang, Rombongan KSN Ziarah ke Makam Pendiri NU di Lasem

REMBANG, ANSORJATENG.NET – Rombongan kirab satu negeri (KSN) zona Rote, tiba di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Senin (15/5/18) siang. Kedatangan rombongan pembawa pataka 17 bendera merah putih itu, disambut dengan bentangan kain merah dan putih sepanjang 1.000 meter.

Selang beberapa saat setelah acara serah terima bendera pataka merah putih, rombongan tim KSN menuju Pondok Al Anwar yang diasuh oleh KH. Maimun Zubair.

Adanya silaturahmi, berharap mendapatkan keberkahan dan memuncurlakn nilai semangat juang dari sesepuh dan ulama NU.

Dalam penutupan serangkaian KSN di Rembang, ditutup dengan malam tirakatan dengan berziarah ke makam sesepuh ulama-ulama Lasem.

Antaralain Mbah Srimpet atau Pangeran Tejakusumo, pendiri masjid Lasem (1585), Mbah Sambu santri Sunan Bonang Tuban, Imam Pertama Masjid Lasem yang juga menantu Mbah Srimpet, KH Cholil Masyhuri pendiri NU, KH Baidhowi Abd Aziz pendiri NU, KH Ma’shum Ahmad pendiri NU, KH A Thoyfur  pendiri Ansor Lasem.

Malam tirakatan dipimpin langsung oleh Gus Luthfi Pimpinan Pusat GP Ansor, dalam kegiatan itu disampaikan juga mengenai sejarah-sejarah perjuangan para ulama’ NU dari Lasem.

“Kader-kader muda NU, harus mengetahui sejarah-sejarah pendahulunya yang berasal dari Lasem. Mbah Mashoem, Mbah Baidlowi, dan Mbah Kholil merupakan 3 tokoh pendiri NU yang berasal dari Lasem. Tak hanya itu, KH Hasyim Asy’ari, KH Wahab Chasbullah juga masih mempunyai darah keluarga dengan para pendiri NU dari Lasem,” ujar Gus Luthfi yang juga merupakan Pengasuh Pondok Alhamidiyah Lasem.

Nampak hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris PW GP Ansor Jawa Timur, Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah, Sholahuddin Aly, PJS Kasatkorwil Banser Jateng Muchtar Makmun, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Rembang, serta para tim KSN Jateng dan masyarakat sekitar.

Rombongan sempat singgah di  Pendapa Museum Kartini Rembang,  dan kediaman KH Ahmad Mustofa Bisri. Dari Rembang, Kirab Satu Negeri akan melintasi Kabupaten Pati, Jepara, Kudus, Demak, Semarang, dan Magelang.

Kirab Satu Negeri dimulai serentak di Merauke Papua, Rote NTT, Miangas Sulawesi Utara, Nunukan Kalimantan Utara, dan Sabang Aceh. Kirab dilakukan dengan mengibarkan 17 pataka atau bendera merah putih.(Munir Lasem)

Tentang Ansor Jateng

Baca Juga

10 November, Resolusi Jihad NU dan Perang Empat Hari di Surabaya

      Oleh K Ng H Agus Sunyoto Pada 73 tahun silam, tepatnya tanggal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *