Banser Banyumas saat aksi long march dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan puncak perayaan Hari Santri, Sabtu (10/11). (Foto: Adi )

Banyumas, ansorjateng.net – Puluhan ribu anggota Banser dan Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Banyumas, menggelar aksi long march dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan puncak perayaan Hari Santri di Alun- alun Kabupaten Banyumas, Sabtu (10/11/2018).

Aksi long march dilakukan usai melakukan apel Banser dari 27 Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon). Tidak ada orasi apapun selama long march. Mereka hanya membawa bendera merah putih dengan menyanyikan lagu- lagu Kebangsaan, kalimat tahlil serta lantunan Shalawat diselingi dengan yel- yel Banser.

Apel Banser dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan puncak perayaan Hari Santri di Alun-alun Purwokerto, Sabtu (10/11). (Foto: Galuh )

Long march mengambil rute start dari Alun- alun Purwokerto ke arah timur perempatan Srimaya, kemudian ke arah utara sampai perempatan Brimob/kebondalem, terus ke arah barat sampai perempatan Omnia kemudian ke arah selatan finish di alun-alun.

“Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan, kami segenap kader Ansor dan Banser mengingatkan kepada masyarakat modern untuk selalu mengingat jasa-jasa pahlawan dan memahami makna Hari Pahlawan. Apabila bangsa tidak memiliki pahlawan sama saja bangsa tersebut tidak memiliki hal yang dapat dibanggakan,” ungkap ketua GP Ansor Kabupaten Banyumas melalui wakil Ketua Sarwono.

Dia menegaskan Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Banser Tidak akan pernah gentar untuk selalu menjaga keutuhan NKRI dan tidak akan pernah surut untuk menegakan Islam ‘ala Ahlussunnah wal Jamaah Annahdliyah.

Banser Banyumas saat aksi long march dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan puncak perayaan Hari Santri, Sabtu (10/11). (Foto: Adi )

Koordinator lapangan Nanang Sugiri dari Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Purwokerto Utara mengucapkan terima kasih setinggi tingginya kepada seluruh anggota Banser Kabupaten Banyumas yang telah sudi mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, sesuai dengan tugas satuannya masing- masing.

“Alhamdulillah kita peringati Hari Pahlawan dengan tertib dan aman dan di sepanjang jalan tidak ada provokasi
apapun,” ucapnya.

Nanang menjelaskan saat ini waktu yang tepat bagi seluruh generasi muda untuk ikut mengingatkan terhadap masyarakat untuk selalu menjaga keutuhan NKRI.

“Walaupun, diguyur hujan mereka tetap antusias mengikuti kegiatan dengan penuh semangat,” katanya. (MiftahACM1028)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini