Demak, Ansorjateng.net – Maraknya informasi palu atau hoaks yang beredar di media sosial, menjadi keprihatinan tersendiri bagi Gerakan Pemuda Ansor. Diperlukan langkah tepat untuk menangkalnya.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Demak mengadakan workshop junalistik dan pemanfaatan teknologi  informasi digital yang melibatkan 30 peserta utusan dari masing-masing kecamatan di Demak.

Kegiatan ini digelar pada Sabtu-Minggu (24-25/11/2018) di MI Tarbiyatul Athfal Kecamatan Wedung.

Workshop junalistik dan pemanfaatan teknologi  informasi digital, yang dibuka oleh Ketua PC Ansor Demak H Nurul Muttaqin, mempunyai tujuan agar kader Ansor dan Banser Kabupaten Demak melek media.

“Ini setidaknya langkah awal untuk menangkal hoaks yang akhir-akhir ini banyak dan massif beredar di dunia maya,” katanya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, di hari pertama dilakukan sarasehan dengan mengusung tajuk kiat menangkal hoaks yang menghadirkan Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah H Sholahuddin Aly.

Kemudian dilanjutkan dengan materi design grafis dengan narasumber Sahabat Wijayanto dari Rembang yang juga Anggota Departemen Media dan Teknologi Informasi PW GP Ansor Jawa Tengah.

Sahabat Wijayanto dari Rembang yang juga Anggota Departemen Media dan Teknologi Informasi PW GP Ansor Jawa Tengah.
Foto bersama peserta dengan tim instruktur

Pada hari kedua, disampaikan materi tentang jurnalistik dengan narasumber Wakil Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah Bidang Media dan Teknologi Informasi sekaligus jurnalis Tribun, M Nur Huda.

Penyampaian materi tentang jurnalistik dengan narasumber Wakil Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah Bidang Media dan Teknologi Informasi sekaligus jurnalis Tribun, M Nur Huda.

Selain itu juga disampaikan materi mengenai dinamika dunia cyber oleh pengurus PP GP Ansor, Muhammad Taufiq.

Acara Workshop diakhiri pada Minggu malam dengan pembaiatan terhadap seluruh peserta, agar setelah mengikuti kegiatan dapat benar-benar memanfaatkan ilmu yang didapat untuk berjuang bersama Nahdlatul Ulama dalam menangkal konten-konten hoaks di sosial media. (AW/Hud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here