ANSORJATENG.NET, KENDAL – Posko Peduli Korban Kebakaran GP Ansor Kendal menyerahkan rumah layak huni kepada Suparjo (30 tahun) korban kebakaran rumah di Desa Tanjungmojo, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Rabu (24/7/20119).

Serah terima dihadiri jajaran pengurus PC GP Ansor Kendal hingga ranting, Forkompincam Kangkung, Pemerintah Desa dan masyarakat setempat.

Ketua Posko, Ahmad Mustopa, melaporkan sumbangan yang diterima dari para donatur telah digunakan untuk membangunkan kembali rumah korban yang ludes terbakar dua bulan lalu.

“Sumbangan tidak hanya dari warga setempat. Tapi juga dari luar daerah dan bahkan dari TKI yang bekerja di luar negeri. Alhamdulilah mencukupi dan masih ada sisa kami serahkan semua kepada korban,” terang Ketua Ansor Ranting Desa Tanjungmojo ini.

Sementara itu, korban merasa sangat bersyukur dapat kembali menempati rumahnya. Komandan Banser desa setempat ini tidak pernah mengira rumahnya yang ludes terbakar dua bulan lalu dapat dibangun kembali.

“Saya tak tahu harus bilang apa, hanya bisa sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah peduli baik moril maupun materiil,” ungkapnya dengan mata berkaca-kaca.

Ketua PC Ansor Kendal, Muhammad Ulil Amri, berharap korban dapat kembali beraktivitas seperti sediakala. Kepada korban, orang nomor satu di Ansor Kendal ini berpesan agar tidak berkecil hati.

Sebaliknya, kepada masyarakat yang hadir dia mengingatkan bahwa musibah yang dialami korban bisa terjadi pada siapapun.

“Sahabat Suparjo adalah prototipe kita. Kebetulan saja korban adalah anggota Banser. Tapi membantu meringankan orang yang sedang terkena musibah itu menjadi kewajiban kita semua sebagai warga masyarakat,” ungkap Gus Ulil yang belakangan santer disebut sebagai salah satu kandidat Bupati Kendal tahun 2020 mendatang.

Senada, Komandan Koramil 05 Cepiring/Kangkung melalui Babinsa Serma Riyanto mengatakan semangat gotong royong dari peristiwa ini dapat dicontoh oleh masyarakat. Menurutnya, TNI dan Polri tidak hanya konsen dalam pengamanan negara dan Kamtibmas tapi juga hadir dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Ini wujud gotong royong dari semua lapisan masyarakat. Apapun bentuk kepedulian itu. Bukan hanya bantuan materiil, tapi menyemangati korban dalam menghadapi musibah itu juga sangat berarti,” timpal Sugiyono, Kades Tanjungmojo.

Sebagaimana diberitakan, rumah milik Suparjo di Dukuh Wedari RT 02 RW 05 Desa Tanjungmojo dilalap si jago merah pada Jumat (21/6) sekira pukul 22.00 Wib. Menurut olah kejadian perkara oleh Polsek setempat, api diduga berasal dari percikan arus pendek listrik.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Seluruh material rumah yang berasal dari kayu dan perabotan rumah ludes terbakar.(M Sulhanudin)

Berita ini juga telah terbit di: NU Kendal Online

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini