ANSORJATENG.NET , WONOSOBO – Berbagai kegiatan dilakukan untuk memeriahkan hari kemerdekaan, namun tak banyak yang melakukan refleksi agar generasi penerus bangsa dapat mengambil hikmah dari peringatan hari kemerdekaan.

Hal menarik dilakukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo pada HUT ke 74 RI.

PAC GP Ansor Kecamatan Kepil menggelar Dzikir Kebangsaan melalui lembaga Majlis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Kecamatan Kepil untuk mendoakan para pejuang atau pahlawan bangsa siang ini, Minggu (18/8/2019) di Dusun Dompon Desa Gadingrejo Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo

Ketua MDS Rijalul Ansor Kecamatan Kepil Zaenal Arifin mengatakan perlunya mengingat jasa pahlawan yang telah gugur untuk memperjuangkan kemerdekaan.

“Memahami arti kemerdekaan itu sangat penting, dan bagi Ansor sangat penting juga untuk mengingatkan para kader tentang jasa para pahlawan,” katanya.

Menurutnya, kemerdekaan Republik Indonesia dapat tercapai atas usaha para ulama dan santri. Sehingga hukumnya wajib bagi seluruh warga negara, utamanya kader Ansor untuk mengingat perjuangan mereka dan mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya.

Sementara Ketua PP MDS Rijalul Ansor, KH Mahfudz Hamid menegaskan santri harus aktif di Nahdlatul Ulama. “Santri yang telah alim begitu keluar dari pondok harus aktif di NU sesuai jenjang umurnya,” tegasnya.

Gus Apud, sapaan akrabnya, juga berpesan pada kader Ansor untuk menjadi teladan yang baik. Terlebih MDS Rijalul Ansor yang menurutnya merupakan pintu awal dicetaknya pengurus-pengurus NU yang mengerti organisasi.

“Ansor Banser harus bisa menjadi uswatun khasanah, contoh yang baik bagi pemuda yang lain dalam ibadah maupun akhlak,” pesannya.

Lebih lanjut Pengasuh PP Al Anwar Maron Purworejo menerangkan bahwa kenegaraan NKRI merupakan sunah Nabi. Kata Gus Apud hal tersebut tersambung sejak dari Walisongo yang berdakwah di nusantara dan mampu mengislamkan para penganut Hindu Budha. “Mbah Hasyim mendirikan NU sebagai wadah perjuangan Bangsa hingga perumusan NKRI semuanya sejalan dengan yang dicontohkan Nabi dalam Piagam Madinah,” tandasnya. (Ahmad Nashir/Rifqi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini