ANSORJATENG.NET , PURBALINGGA – Kemarau panjang berdampak pada minimnya sumber mata air di beberapa tempat di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Memahami keluhan warga terdampak, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Purbalingga membantu dengan distribusi air bersih di beberapa titik yang mengalami krisis air.

Ketua PC GP Ansor Purbalingga Wagino Abdul Manaf mengatakan, beberapa Pimpinan Anak Cabang (PAC) di Kabupaten Purbalingga didorong untuk melaksanakan kegiatan bhakti sosial pendistribusian air bersih ke beberapa daerah yang mengalami kekurangan air bersih.

“Kegiatan ini kami laksanakan sebagai bentuk komitmen sosial sebagai sesama warga masyarakat, dan akan terus kami laksanakan,” kata Wagino, Minggu (22/9/2019).

Wagino melanjutkan, kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian Ansor, khususnya Banser Tanggap Bencana atau Bagana yang ada di wilayah pimpinannya.

Karena itu dia memberikan instruksi untuk dapat menyelenggarakan distribusi secara serentak di semua PAC.

“Kami sudah menginstruksikan kepada pimpinan anak cabang yang belum melakukan distribusi air untuk segera melaksanakan. Sebab dari data yang ada masih banyak daerah yang kekurangan air bersih,” bebernya.

Wagino juga berharap agar semua PAC berkoordinasi dengan MWC NU setempat untuk melaksanakan salat Istisqo dengan harapan semoga Allah segera memberikan air hujan yang berkah, yang menyudahi musim kemarau panjang ini.

Sementara, Nurrochman selaku Korlap bakti sosial di wilayah Kecamatan Kalimanah menyatakan, keterbatasan yang ada bukan kendala untuk mengabdi pada bangsa dan negara dalam lingkup masyarakat desa.

“Meski dengan segala keterbatasan peralatan dan perlengkapan, bukan menjadi kendala bagi kami,” tuturnya.

Beberapa anggota yang memiliki mobil, lanjut Kasatkoryon Banser Kalimanah ini, bersedia meminjamkan sebagai armada saat distribusi.

Selain itu, ada juga yang meminjamkan torn (penampung air), bahkan banyak personil Banser yang membawa air dengan ember pikulan dari sumber air ke mobil distribusi air.

Ada 5 Desa yang menjadi target kegiatan diantaranya Desa Karangjengkol Kutasari, Desa Catutan, dan Desa Sidanegara yang ada di Kecamatan Kaligondan, Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Pengadegan.

“Saat ini ada 12 titik lokasi yang mendapat bantuan. Masing-masing 5000 Liter setiap distribusi,” paparnya. (Rep: Fauzi/ed,Q024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini