ANSORJATENG.NET , JEPARA – Komitmen kebangsaan yang ada di dalam diri kader Ansor maupun Barisan Ansor Serbaguna (Banser) tak perlu diragukan, terlebih para ketua di berbagai tingkatan selalu mengobarkan semangat para kader di berbagai kesempatan.

Menurut Wakil Ketua PWNU Jateng Mandzur Labib, hal lain yang menarik dari perilaku kader Ansor dan Banser adalah sebutan ‘Sahabat’ terhadap sesama anggota. “Sahabat ini berbeda dengan Teman atau Pacar,” kata Gus Labib, sapaannya seusai menghadiri pembukaan Kemah Bhakti ke-III di Alun alun Kabupaten Jepara, Jumat (8/11/2019).

Menurutnya, teman adalah orang yang cenderung hadir di kala senang. Sementara pacar adalah orang yang membuat lupa semua orang, dunia serasa milik kita berdua, “Sedangkan Sahabat adalah orang yang berada di sisi kita baik suka maupun duka,” ujarnya.

Dalam sambutannya, ia juga berpesan 3 hal yang perlu ditekankan dalam menjaga ritme organisasi, “Pertama, konsolidasi untuk kemandirian organisasi,” katanya.

Kata Gus Labib, Ansor secara organisasi harus semakin kuat dan kokoh menjaga Aswaja, NKRI dan optimal dalam hidmat kepada jamaah tidak tergantung kepada beberapa pihak, terutama yang berkepentingan.

Mempertahankan tren kaderisasi yang massif untuk membentuk kader-kader yang berkarakter Aswaja an nahdliyah, cinta terhadap NKRI, ikhlas berhidmah dan disiplin.

Selain itu, mempertahankan pola sinergi, baik internal maupun eksternal. “Secara internal, Ansor harus terus bersinergi dengan sesama banom NU dan tetap satu komando dalam payung besar Nahdlatul Ulama dalam semua tingkatan,” pesannya.

Sedangkan di sisi eksternal, Ansor Banser perlu menjaga sinergitasnya dengan pemerintah atau lembaga lain dalam semua tingkatan untuk menjaga kondusfitas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penegasan perlunya meningkatkan hal ini menyusul berbagai kasus pelanggaran Undang undang (UU) Transaksi Elektronik (ITE) yang ditindaklanjuti para kader Ansor Banser secara lintas sektor keamanan, pengaman pos mudik lebaran dan sebagainya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini