ANSORJATENG.NET, SEMARANG – Sebagai upaya mengatasi pandemi virus corona, GP Ansor telah membentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk membantu penanganan dan mengantisipasi persebaran virus corona di Indonesia.

Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Tengah, H Sholahuddin Aly mengungkapkan, pembentukan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 ini merupakan instruksi dari pusat yang akan diteruskan dengan pembentukan sampai daerah bahkan tingkat kelurahan atau desa.

“Melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19, GP Ansor akan memberi perhatian lebih kepada masyarakat yang terdampak langsung akibat pandemi corona ini, seperti masyarakat yang bekerja di sektor informal yang mendapatkan penghasilan harian, buruh, dan kaum dhuafa,” kata Gus Sholah, panggilan akrabnya, Sabtu (18/4/2020).

Sejauh ini secara nasional, PP GP Ansor telah bekerja sama dengan Keuskupan Agung Pontianak melalui Yayasan Landak Bersatu, dan Yayasan PenaMas Mulia mengajak semua pihak yang peduli dengan kemanusiaan untuk berbagi kepada sesama yang menargetkan membagikan 1 juta paket sembako.

Pembagian paket sembako akan difokuskan di Pulau Jawa yang terdampak paling parah akibat pandemi corona dan Kalimantan Barat.

Paket bantuan sembako sudah dimulai di Jawa Timur mulai Rabu (15/4/2020) kemarin.

Berikutnya menyusul pembagian sembako di Jabodetabek, Jawa Tengah hingga Kalimantan Barat.

Selain itu, GP Ansor juga bekerja sama dengan Aice Group membagikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju hazmat, kacamata goggles, masker, thermogun, ke 14 rumah sakit rujukan penanganan Covid-19.

GP Ansor dan Aice Group juga akan membagikan 500 ribu es krim untuk para tenaga medis agar tetap ceria dalam menangani pasien.

Hingga saat ini donasi kepada PP GP Ansor, termasuk pengurus di daerah terus mengalir, mulai dari bantuan masker kain, masker medis N95, vitamin, hand sanitizer, serta bahan dan alat disinfektan.

Bantuan tersebut langsung disalurkan kepada masyarakat dan institusi medis yang membutuhkan.

Untuk di Jawa Tengah, GP Ansor juga telah menggalang beberapa pihak untuk bergerak bersama menggelorakan kepedulian atas wabah virus corona.

“Sampai saat ini di Jateng telah siap 2.700 paket sembako. Insyaallah akan kita bagikan untuk mereka yang terdampak pada Senin 20 April mendatang,” katanya.

Menurut Gus Sholah, aksi ini bentuk kegotong-royongan, saling bantu, saling meringankan pada sesama anak bangsa yang terdampak secara langsung.

Selain itu, GP Ansor Jateng juga tengah menggelar Istighotsah dan khataman Alquran sejumlah 1.000 khataman, sebagai ikhtiar batin agar pandemi covid-19 segera dihilangkan.

“1.000 khataman Alquran digelar di seluruh pelosok Jawa Tengah. Tiap kecamatan terdapat minimal 2 khataman dan istighosah secara bersamaan pada Sabtu 18 April malam,” ungkapnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengapresiasi langkah GP Ansor yang membangkitkan semangat gotong royong dan ikhtiar batin secara maksimal.

“Saya terharu sekaligus mendapatkan satu energi luar biasa karena teman-teman Ansor membuat satu gerakan untuk bergotong royong saling membantu, nyumbang, mendoakan, bergerak dari hulu sampai hilir dalam rangka bersama merespon pandemi covid-19 ini,” ungkap Ganjar.

Ia mengatakan, tindakan luar biasa yang di dalamnya terdapat semangat nasionalisme secara riil di lapangan sangat menggetarkan batin.

Selain itu ada upaya doa yang dimohonkan pada Allah agar wabah ini segera berlalu.

“Saya mendukung GP Ansor yang selalu mengajak banyak pihak untuk semua mau terlibat, mau bergabung dalam rangka menangani covid-19,” ungkapnya.

Ganjar mengatakan, selama ini sudah banyak pihak yang ikut membantu pemerintah dalam upaya menangani penularan virus corona.

Hal ini bukti bahwa kepedulian masyarakat masih kuat untuk bersama-sama berkontribusi pada bangsa dan negara.

“Terimakasih, salam untuk sahabat-sahabat GP Ansor semuanya,” tutur Ganjar.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini