Ansorjateng.net, Kendal – 150 personel Banser dari Satkoryon Weleri dan Satkorcab Kendal turut serta dalam upaya pemadaman api yang melalap Pasar Weleri Kabupaten Kendal, Kamis (12/11/2020). Andil mereka dalam upaya pemadaman ini terbagi dalam sembilan titik.

“Kami membagi personel di sembilan titik di sekitar lokasi kebakaran. Kami instruksikan untuk pencarian sumber air, sterilisasi jalur mobil damkar, pengamanan area dari massa, membantu evakuasi barang dagangan, dan membantu relawan dari PMI Kendal apabila ada korban,” ujar Korlap yang juga Kasatkoryon Weleri, Sujoko Santoso.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 21.20 WIB itu melalap ratusan kios pasar terbesar di Kabupaten Kendal. Dalam kebakaran ini belasan mobil pemadam kebakaran turut dikerahkan.

“Begitu mendengar info kami langsung bergerak ke lokasi,” ujar Sujoko.

Keesokan harinya, usai pemadaman yang dilanjutkan dengan pendinginan area kebakaran, rupanya masih muncul titik api. Banser yang masih berjaga di lokasi turut dalam pengamanan dan evakuasi sisa barang milik pedagang bersama tim pemadam kebakaran.

“Pengamanan lokasi Pasar Weleri, di akhiri hingga jam 20.00 WIB,” kata dia.

Tidak hanya itu, Banser juga mengerahkan 30 personel yang turut dalam pengamanan area kebakaran bersama aparat sejak pukul 16.00 sampai 21.00 WIB. Sementara itu, tim forensik dari kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran yang menghanguskan ratusan kios.

Diketahui, dalam kebakaran ini sedikitnya menghanguskan 56 kios dan 906 los di lantai dua. Kemudian di lantai satu 164 kios dan 664 los. Selain itu terdapat 16 kios di bawah tangga dan kios yang digunakan untuk musala tujuh unit.

Relawan yang turut membantu dalam upaya pemdamam ini adalah Satpolkar Kendal, Koramil Weleri, Polsek Weleri : Ansor Banser, LPBI NU, CBP, BNPB, PMI, PSHT, Penthink Thekan, MDMC, Pemuda Pancasila, Orari & MTA.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini