Ansorjateng.net, Kudus – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kudus menurunkan 200 personel Banser untuk membantu ribuan warga terdampak banjir di Kecamatan Kaliwungu, Kudus. Jumlah itu dibagi pada tiga titik lokasi di Dukuh Goleng Desa Pasuruhan Kidul Kecamatan Jati, Dukuh Karangturi dan Dukuh Setro Desa Setrokalangan Kecamatan Kaliwungu.

Genangan terparah berada di Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu. Ketua Banser Siaga Bencana (Bagana) Nor Yanto menjelaskan air banjir bersumber dari Sungai Wulan yang meluap ke pemukiman warga. Genangan itu menutup akses jalan sehingga warga kesulitan beraktivitas. Hingga malam ketinggian masih sedada orang dewasa. Akses jalan juga masih belum dapat dilalui sepedamotor.

“Sementara ini tugas Banser Ansor Kudus membantu evakuasi dari rumah warga ke jalan raya yang tidak tergenang air atau sebaliknya, sehingga mereka bisa berangkat bekerja atau aktivitas lainnya,” terang Nor Yanto (1/2/2021).

Selain itu, ada personel yang ditugaskan untuk membantu posko dan dapur umum yang didirikan di Desa Kedungdowo Kaliwungu, Kudus. Mereka bergabung bersama relawan BPBD Kudus menyiapkan logistik. “Ada juga yang bertugas mengirim logistik ke rumah-rumah warga terdampak banjir,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua GP Ansor Kudus Dasar Susila menambahkan, pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak pemerintah terkait kecukupan logistik. Menurut Dasa, kesediaan logistik saat ini belum cukup untuk memenuhi kebutuhan warga dan relawan yang bertugas.

“Ya, kami terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memenuhi kebutuhan logistic, termasuk juga menambah posko bila diperlukan,” terang Dasa.

Setiap harinya Dapur Umum membutuhkan 4.000 bungkus makanan untuk dibagikan kepada warga dan relawan sehingga kebutuhan logistik memang harus banya. (ar/rid)

Sumber: suaranahdliyin.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini