Tujuan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor yakni khidmah kepada Nahdlatul Ulama (NU). Tugasnya yakni memberikan pelayanan bantuan hukum kepada anggota Ansor maupun Banser serta warga Nahdliyyin yang tidak mampu serta mengalami hambatan atau akses pelayanan bantuan hukum.

Hal itu disampaikan Denny Septiviant selaku Direktur LBH Ansor Jawa Tengah saat acara Ta’aruf pengurus LBH Ansor Kendal di Cafe Futsal Plantaran Kaliwungu, Ahad (10/10/2021).

“LBH Ansor ini berbeda dengan LBH lainnya, yakni mengutamakan pemberian bantuan hukum kepada anggota Ansor maupun Banser serta jamaah yang tergabung dalam organisasi NU. Ke depannya LBH Ansor Kendal untuk selalu melakukan koordinasi dan komunikasi kepada LBH PW Ansor Jateng apabila mengalami hambatan dalam penanganan kasus bisa menarik pengurus Wilayah,” ucap Denny.

Kemudian LBH Ansor Kendal untuk segera melakukan silaturahmi ke tokoh NU dan badan otonomnya agar visi dan misinya tersampaikan. Setelah itu melakukan audiensi dengan aparat penegak hukum meliputi kepolisian, kejaksaan maupun pengadilan baik negeri maupun agama sehingga kedudukan LBH Ansor Kendal ini diketahui secara khalayak untuk melakukan komunikasi dalam penanganan kasus. LBH Ansor ini diharapkan bisa memberikan kaderisasi di lembaga NU maupun banomnya untuk melakukan sekolah paralegal hukum, sehingga warga masyarakat lainnya melek hukum.

LBH Ansor Jateng merupakan salah satu lembaga pelayanan hukum yang sudah bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenhumham) jika ada warga tidak mampu dan ada hambatan bisa memakai Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) nantinya akan diverifikasi oleh PW Ansor Jateng sehingga nanti dibiayai oleh negara.

“Diskusi dan juga ta’aruf ini digelar dengan LBH Ansor Jateng ini sebagai upaya mempercepat gerak yang harus dilakukan oleh LBH Ansor Kendal menyusul sudah turunnya SK dari pusat. Karena selama ini di Kendal belum ada LBH untuk warga NU,” ucap Ahmad Misrin, Ketua LBH Ansor Kendal.

Hal mendesak dari PW Ansor Jateng yakni untuk segera memiliki kantor sekertariat agar dapat diketahui masyarakat umum dan mudah aksesnya. Kemudian mempersiapkan pelantikan yang akan dihadiri oleh pengurus pusat (PP) LBH Ansor, pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua PC Ansor Kendal Misbahul Munir beserta beberapa Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini